ROOT CAUSE ANALYSIS PELAKSANAAN ‘UJIAN SUMATIF’ PADA PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN DI STIKES MEDISTRA INDONESIA

Anggita Ambar Astari, . (2016) ROOT CAUSE ANALYSIS PELAKSANAAN ‘UJIAN SUMATIF’ PADA PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN DI STIKES MEDISTRA INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Anggita Ambar Astari.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan akar penyebab dari kenaikan tingkat persentase remedial mahasiswa dalam pelaksanaan ‘ujian sumatif’ berbasis kompetensi di STIKes Medistra Indonesia mulai dari mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, memahami masalah, hinggan mengidentifikasi akar penyebab. Root Cause Analysis mengadaptasi model Andersen dan Tom Fegerheug yang menghasilkan suatu gambaran berupa diagram fishbone untuk menentukan akar penyebab masalah. Penelitian dilaksanakan di STIKes Medistra Indonesia menggunakan teknik pengumpulan dan sumber data triangulasi melalui analisis dokumen, angket, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis dokumen berdasarkan nilai UTS, UAS, dan ‘Ujian Sumatif’. Angket diisi oleh dosen program studi D3 Kebidanan dan mahasiswa tingkat akhir program studi D3 Kebidanan. Wawancara dilakukan dengan ketua STIKes Medistra Indonesia, sekretaris program studi D3 Kebidanan, dan tim sumatif. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan-kesenjangan yang paling terlihat adalah kecakupan sumber daya, waktu, etos kampus, dan penyusunan tes. Dari kesenjangan-kesenjangan tersebut dihasilkan akar penyebab yaitu tidak ada koordinasi secara mendalam dengan pimpinan dan dosen. Implikasi penelitian ini adalah perencanaan dalam menentukan intervensi sebagai solusi dari masalah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Uwes A. Chaeruman, M.Pd ; 2). Dr. Murti Kusuma Wirasti, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:19
Last Modified: 30 Oct 2019 15:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item