HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN SURAT MENYURAT INDONESIA PADA SISWA SMK PELITA TIGA JAKARTA

ADE AMELIA OCTAVIA SIREGAR., . (2012) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN SURAT MENYURAT INDONESIA PADA SISWA SMK PELITA TIGA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal (antarpribadi) dengan hasil belajar pada siswa SMK Pelita Tiga Rawamangun, Jakarta Timur.. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung bulan Juni sampai dengan Juli 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Pelita Tiga Rawamangun, Jakarta Timur sebanyak 215 orang, dan populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa SMK Pelita Tiga Rawamangun 50 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 44 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Untuk menjaring data kedua variable penelitian, instrumen yang digunakan untuk variable X (Efektivitas Komunikasi Interpersonal) adalah berbentuk kuisioner dan variable Y (Hasil Belajar) adalah nilai mata pelajaran siswa. Uji persyarataan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah 14,55 + 0,663X. Hasil uji normalitas Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,114 sedangkan Ltabel untuk n = 44 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,133. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (15,93) > Ftabel (4,07) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,62) < Ftabel (2,10) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,524. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (3,99) > ttabel (1,68). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan hasil belajar. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 27,50% variabel hasil belajar (Y) ditentukan oleh efektivitas komunikasi interpersonal. (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dedi Purwana ES, M.Bus 2.) Umi Widyastuti, SE, ME
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:18
Last Modified: 30 Oct 2019 15:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item