PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PASAR MANGGIS 04 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

ANIKE ANOFA, . (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PASAR MANGGIS 04 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PNYA ANIKE.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi melalui Pendekatan Quantum Learning pada Siswa Kelas V SDN Pasar Manggis 04 Pagi, Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai Juni 2015 siswa kelas V sebanyak 34 metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam II siklus setiap siklus melalui empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan persentase nilai keterampilan menulis surat resmi siswa yang dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 62,15%, dan siklus II mencapai 74,48%. Dengan demikian adanya peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas V SDN Pasar Manggis 04 Pagi, Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Quantum Learning dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang keterampilan bahasa Indonesia dalam materi menulis surat resmi dikelas V SDN Pasar Manggis 04 Pagi, Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd ; 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:24
Last Modified: 30 Oct 2019 15:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item