SARI WULANDARI, . (2020) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : PERSPEKTIF IBNU KHALDUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (992kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (633kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang saat ini cenderung konseptual tanpa dikaitkan dengan kondisi riil dalam kehidupan. Pembelajaran yang cenderung konseptual ini, nyatanya telah mendoktrin peserta didik hanya untuk menguasai teori saja tanpa ada arahan untuk membuka pikiran dan wawasan lebih dalam terkait materi yang tengah dipelajari, dengan sejumlah fakta atau permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Padahal pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah sangat penting sebagai filter maupun landasan dalam rangka menumbuhkan karakter-karakter kebangsaan guna menghadapi tantangan dan tuntutan di zaman modern yang semakin relevan. Untuk memenuhi tantangan dan tuntutan tersebut, maka dibutuhkan suatu konsep pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik untuk berpikir kritis. Salah satu konsep pembelajaran yang memenuhi kriteria ini adalah konsep pembelajaran yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran kontekstual menurut Ibnu Khaldun, model pembelajaran kontekstual menurut Ibnu Khaldun, serta untuk mengetahui relevansi konsep pembelajaran kontekstual menurut Ibnu Khaldun dengan Pendidikan Agama Islam. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai sarana guna membantu pendidik dalam menentukan konsep pembelajaran yang sesuai dengan tujuan serta perkembangan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif berupa kata-kata tertulis dari sesuatu yang dapat diamati. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi berupa catatan, buku, transkrip, jurnal, ensiklopedia dan lain sebagainya. Adapun teori yang digunakan adalah teori mengenai model pembelajaran kontekstual Elaine Johnson dan teori pembelajaran Ibnu Khaldun. Hasil dari penelitian ini yaitu konsep pembelajaran kontekstual menurut Ibnu Khaldun bersifat realistis praktis, artinya konsep pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman dan realistis terhadap kebutuhan hidup manusia. Adapun tujuan dari pembelajaran kontekstual menurut Ibnu Khaldun adalah untuk membentuk kepribadian manusia agar mampu hidup dalam masyarakat. Sementara itu konsep pembelajaran kontekstual Ibnu Khaldun relevan dengan Pendidikan Agama Islam. Kata kunci: Konsep Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama Islam, Ibnu Khaldun. ******************************* This research is motivated by the implementation of Islamic Religious Education learning which currently tends to be conceptual without being associated with real conditions in life. Learning that tends to be conceptual, in fact has taught students only to master the theory without any direction to open minds and deeper insights related to the material being studied, with a number of facts or problems that exist in everyday life. Whereas the learning of Islamic Education in schools is very important as a filter or foundation in the framework of growing national character in order to face the challenges and demands of the increasingly relevant modern era. To meet these challenges and demands, a learning concept is needed that is able to encourage students to think critically. One learning concept that meets these criteria is the learning concept put forward by Ibnu Khaldun. This study aims to determine the purpose of contextual learning according to Ibn Khaldun, the contextual learning model according to Ibnu Khaldun, and to determine the relevance of the concept of contextual learning according to Ibnu Khaldun with Islamic Religious Education. The benefits of this research are as a means to assist educators in determining learning concepts that are in accordance with the goals and development of students. This type of research used in this study is library research. While the data analysis method used is descriptive qualitative. The data obtained are presented in the form of descriptive words written from something that can be observed. Then the data collection technique used is the documentation method in the form of notes, books, transcripts, journals, encyclopedias and so forth. The theory used is the theory of Elaine Johnson's contextual learning model and Ibnu Khaldun's learning theory. The results of this study are the concept of contextual learning according to Ibnu Khaldun is practical realistic, meaning that the concept of learning is experience-oriented and realistic towards the needs of human life. The purpose of contextual learning according to Ibnu Khaldun is to shape human personality to be able to live in society. Meanwhile the concept of contextual learning Ibn Khaldun is relevant to Islamic Religious Education. Keywords: Conceptual Contextual Learning, Islamic Religious Education, Ibnu Khaldun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd.I. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama) Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4754 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2020 12:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2020 12:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8791 |
Actions (login required)
View Item |