Pembelajaran Sejarah di SMK Negeri 13 Jakarta: Dengan Kurikulum 2013 Revisi

SITI FATIMAH WAHYU NINGSIH, . (2020) Pembelajaran Sejarah di SMK Negeri 13 Jakarta: Dengan Kurikulum 2013 Revisi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran sejarah di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 13 Jakarta dari bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan menuturkan dan menafsirkan data sesuai fakta yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 revisi dilakukan dengan metode diskusi dalam setiap kegiatan pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 revisi adalah tidak ada buku yang telah disesuaikan dengan kurikulum serta terbatasnya alokasi waktu pada kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah menggunakan berbagai sumber baik dari buku yang diberikan pemerintah dan sumber internet serta pihak sekolah memberikan pelatihan kepada guru secara berkelanjutan. This study aims to describe the history of learning at SMK Negeri 13 Jakarta. The study was conducted at SMK Negeri 13 Jakarta from January to February 2020. The method used was qualitative and descriptive, with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data analysis technique is done by descriptive qualitative, namely by telling and interpreting the data according to the facts obtained in the field. The results of the study concluded that learning history with the revised 2013 curriculum was carried out by the discussion method in each learning activity taking place. The obstacles faced in learning history with the revised 2013 curriculum are the absence of books that have been adapted to the curriculum and the limited time allocation for learning activities. Efforts made by teachers are to use various sources both from books provided by the government and internet sources and the school provides training to teachers on an ongoing basis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. NURZENGKY IBRAHIM MM ; 2). SRI MARTINI S.S.M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 4678 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2020 13:03
Last Modified: 29 Aug 2020 13:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item