HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 43 JAKARTA

ASTUTY WIDYA LESTARI., . (2012) HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI 43 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ASTUTY WIDYA LESTARI.pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang fasih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat hubungan antara Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 43 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 43 Jakarta selama empat bulan terhitung sejak bulan September 2011 sampai dengan bulan Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 43 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa SMA Negeri 43 yang mengikuti pelajaran Ekonomi dalam tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 448 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak proporsional (proporsional random sampling). Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 34,64 + 0,98 X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran menyatakan regresi berarti dan linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy sebesar 0,741 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh t hitung sebesar 9,112 dan t tabel sebesar 1,671. Dikarenakan t hitung > t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar ekonomi pada siswa SMA Negeri 43 Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 54,93% variasi variabel Y ditentukan oleh varriabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar ekonomi pada siswa SMA Negeri 43 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd 2.) Dra.Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:38
Last Modified: 31 Oct 2019 07:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item