PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI DAN BUKU PELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PRODUKTIF SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 8 JAKARTA

ATIKA., . (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI DAN BUKU PELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PRODUKTIF SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK-ATIKA-8105091569.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRISI-ATIKA-8105091569.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran di Jurusan Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan Februari sampai dengan Maret 2013. Hipotesis penelitian ini adalah: “Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak (random sampling) dengan sampel berjumlah 51 siswa. Uji persyaratan analisis dilakukan sebelum pengujian hipotesis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. Pada sampel siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli (kelas X AK 2) diperoleh Lhitung (0,1096) < Ltabel (0,1772), serta pada sampel siswa yang menggunakan media buku pelajaran (kelas X AK 3) diperoleh Lhitung (0,1669) < Ltabel (0,1738). Hal itu berarti kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji Homogenitas varians dilakukan dengan menggunakan Uji-F yaitu dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel dan diperoleh bahwa varians data adalah homogen. Karena Fhitung (1,79) < Ftabel (1,97) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa varians kedua sampel adalah homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji- T dimana dihasilkan thitung (1,91) > ttabel (1,68) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran. Dari penelitian di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Monopoli dan Buku Pelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi Produktif Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Smk Negeri 8 Jakarta.”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2. Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:41
Last Modified: 31 Oct 2019 07:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item