HUBUNGAN INTELIGENSI SISWA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK N 12 JAKARTA

AYU MEGAWATI, . (2012) HUBUNGAN INTELIGENSI SISWA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK N 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU MEGAWATI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara inteligensi dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X akuntansi di SMK N 12 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK N 12 yang terletak di daerah Tanjung Priuk Jakarta Utara selama 1 (satu) bulan terhitung sejak April 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 12 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 72 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 62 siswa yang diambil dari populasi terjangkau dengan tingkat kesalahan 5 %. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik simple random sampling. Untuk mengukur variabel Y (Kemandirian Belajar) menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Sebelum penelitian dilakukan uji validitas dari 60 butir pernyataan, setelah divalidasi terdapat 18 butir pernyataan yang drop, sehingga yang memenuhi kriteria atau valid sebanyak 42 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, didapat sebesar 0,88. Sedangkan data variabel X (Inteligensi) diperoleh dari skor tes IQ siswa kelas X akuntansi SMK N 12 Jakarta. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (61,16) > Ftabel (4,00). Ini menunjukkan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,79) < Ftabel (1,81). Ini berarti bahwa model regresi yang dihitung adalah linier. Untuk koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,71 kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t yang memperoleh thitung sebesar 7,81 dan ttabel sebesar 1,645. Karena thitung > ttabel maka disimpullkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara inteligensi siswa dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X Akuntansi di SMK N 12 Jakarta. Untuk koefisien determinasi (KD) sebesar 50,45 %. Ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar ditentukan oleh inteligensi siswa sebesar 51 %. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara inteligensi siswa dengan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak 2.) Susi Indriani, M.S.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:46
Last Modified: 31 Oct 2019 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item