HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA JURUSAN EKONOMI DAN ADMINISTRASI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AYU SEPTIANI V., . (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA JURUSAN EKONOMI DAN ADMINISTRASI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU SEPTIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat menjadi guru dengan hasil belajar mata kuliah SBM pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta selama 3 bulan terhitung dari Bulan Maret sampai Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga sedangkan populasi terjangkaunya mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga 2008 yang mengambil mata kuliah SBM pada semester 6 (094) sebanyak 90 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 72 orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Minat Menjadi Guru) dan variabel Y (Hasil Belajar Mata Kuliah SBM) menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 40 butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai mata kuliah SBM semester 6 (094) tahun 2011. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat hasil untuk variabel X sebanyak 31 butir valid dan 9 butir drop. Dilanjutkan dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,998, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat tinggi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilifors menghasilkan Lhitung = 0,1016 sedangkan Ltabel =0,1044, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 65,61 + 0,1319X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,56 < 1,81 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linear. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 75,89 > 3,98, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,721 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 8,705 dan ttabel = 1,671, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat menjadi guru dengan hasil belajar mata kuliah SBM pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Koefisien korelasi rxy = 0,721 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 51,98%, yang menunjukkan bahwa 51,98% hasil belajar mata kuliah SBM ditentukan oleh minat menjadi guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2.) Dra. Rochyati
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:49
Last Modified: 31 Oct 2019 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item