HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI TES PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 8 JAKARTA

DASTIRAH, . (2012) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI TES PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara efikasi diri dengan Kecemasan Menghadapi Tes Pada Mata Pelajaran Matematika di SMKN 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Agustus sampai dengan bulan November 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 8 Jakarta kelas XII yang terdiri dari tiga jurusan, yaitu Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Administrasi Perkantoran yang berjumlah 107 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Kecemasan Menghadapi Tes) merupakan data primer yang menggunakan instrument berbentuk kuesioner. Sedangkan data variabel X (Efikasi Diri) menggunakan instrumen New General Self Efficacy (NGSE) yang dikembangkan oleh Gilad Chen, et.al., yang diukur menggunakan skala Likert dengan internal consistency reliability sebesar α = 0,86. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel Y (Kecemasan Menghadapi Tes) sebesar 0,906. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi, yaitu Ŷ = 169.83 – 2.389X. Kemudian uji persyaratan analisis dengan melakukan uji normalitas dengan hasil Lhitung = 0.071 lebih kecil dibanding Ltabel, maka data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan melakukan uji F dalam tabel ANAVA menghasilkan Fhitung (38.96) > Ftabel (3.96), hal ini berarti X (Efikasi Diri) secara signifikan berpengaruh terhadap Y (Kecemasan menghadapi tes). Kemudian dilakukan Uji t yang menghasilkan thitung dari X (Efikasi Diri) sebesar -6.24 dan ttabel sebesar -1.67. Karena -thitung < - ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi tes. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi tes pada mata pelajaran matematika. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 32,21%, variabel Kecemasan Menghadapi Tes (Y) ditentukan oleh variabel X (Efikasi Diri).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Sudarti 2.) Umi Widyastuti, SE., ME
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Sains > Matematika
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:12
Last Modified: 31 Oct 2019 08:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item