PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI KECAMATAN KEMAYORAN

DIAZ MIFTAKHUL JANNAH, . (2020) PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI KECAMATAN KEMAYORAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

DIAZ MIFTAKHUL JANNAH, 8105160348. Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Kecamatan Kemayoran. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi terjangkau penelitian adalah 141 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 111 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Berdasarkan hasil uji T, terdapat pengaruh secara parsial variabel konsep diri terhadap kemandirian belajar dengan thitung 5,021 > ttabel 1,98217, sesuai dengan teori dari Nursallam yang menyatakan kematangan siswa berasal dari konsep diri yang menuju pada kemandirian belajar diri sendiri. Dari variabel pola asuh orang tua terdapat pengaruh secara parsial dengan kemandirian belajar dengan thitung 7,494 > ttabel 1,98217, sesuai dengan teori dari Fatimah yang menyatakan kemandirian pada anak berawal dari keluarga dan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Lalu, secara simultan diperoleh nilai fhitung 103,940 > ftabel 3,08, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar, sesuai dengan teori Lerner & Spencer yang menyatakan kemandirian belajar dipengaruhi faktor internal salah satunya konsep diri dan faktor eksternal seperti keluarga yang meliputi pola asuh orang tua. Koefisien korelasi sebesar 0,811 dan koefisien determinasi sebesar 0,658 artinya konsep diri dan pola asuh orang tua secara bersama – sama mempengaruhi kemandirian belajar sebesar 65,8%. Kesimpulan yang dapat diambil ialah konsep diri dan pola asuh orang tua menjadi faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Siswa diharapkan dapat membentuk konsep diri positif dalam dirinya. Diharapkan bagi orang tua dan guru dapat memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran baik di rumah atau di sekolah melalui pemberian motivasi untuk mandiri dalam belajar dan kegiatan yang aktif dalam pembelajaran seperti kuis dan lomba. Kata kunci : konsep diri, pola asuh orang tua, kemandirian belajar DIAZ MIFTAKHUL JANNAH, 8105160348. The Influence of Self Concept and Parenting Style on Self Regulated Learning Students of Accounting Major in Vocational High School Kemayoran District. Thesis. Jakarta. Study Program of Economic Education. Faculty of Economics. State University of Jakarta. 2020. This study aims to determine the influence of self-concept and parenting style on self regulated learning. The method used is a quantitative method. The affordable population of the study was 141 students. The sampling technique uses proportionate stratified random sampling to obtain a sample of 111 students. Data collection using a questionnaire instrument. Based on the results of the T test, there is a partial effect of self-concept variables on self regulated learning with a tcount of 5.021> ttable 1.98217, in accordance with Nursallam's theory which states that students' maturity comes from self-concept towards self regulated learning. From the parenting syle variable, there is a partial effect on self regulated learning with tcount 7.494> ttable 1.98217, in accordance with the theory from Fatimah which states that independence in children starts from the family and is influenced by parenting style. Then, simultaneously the value of fcount 103.940> ftabel 3.08 is obtained, meaning that there is a positive and significant influence between self-concept and parenting style on self regulated learning, according to Lerner & Spencer's theory which states that self regulated learning is influenced by internal factors, one of them is self-concept and external factors, such as family, include parenting style. The correlation coefficient of 0.811 and the coefficient of determination of 0.658 means that the self-concept and parenting style simultaneously influence self regulated learning by 65.8%. The conclusion that can be drawn is the self-concept and parenting style are factors that influence self regulated learning. Students are expected to form positive self-concepts in themselves. It is expected that parents and teachers can provide facilities and infrastructure to support the learning process both at home or at school through providing motivation to be independent in learning and active learning activities such as quizzes and competitions. Keywords: self-concept, parenting style, self regulated learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4713 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:31
Last Modified: 01 Sep 2020 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item