PERBEDAAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI TES PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA PROGRAM AKSELERASI DENGAN SISWA PROGRAM REGULER DI SMP LABSCHOOL JAKARTA TIMUR

DEDY DIAN PRASAJA, . (2012) PERBEDAAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI TES PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA PROGRAM AKSELERASI DENGAN SISWA PROGRAM REGULER DI SMP LABSCHOOL JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DEDY DIAN PRASAJA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan kecemasan menghadapi tes pada mata pelajaran ekonomi antara siswa program akselerasi dengan siswa program reguler. Penelitian dilaksanakan di SMP Labschool Jakarta selama dua bulan yaitu bulan November hingga Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan causal comparative. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Labschool Jakarta dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas IX yang berjumlah 255 siswa. Sampel yang diambil berjumlah 146 yang terdiri dari 27 siswa program akselerasi dan 133 siswa program reguler, dengan menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling). Dalam uji normalitas dengan uji liliefors, didapat nilai Lhitung terbesar = 0,0871, Ltabel untuk n = 13 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,234. Lhitung < Ltabel, untuk kelompok X1. Sedangkan Dalam uji normalitas dengan uji liliefors, didapat nilai Lhitung terbesar = 0,0683, Ltabel untuk n = 133 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,076. Lhitung < Ltabel, untuk kelompok X2. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi Normal. Dalam uji homogenitas dengan rumus F diperoleh Fhitung = 1,65 dan Ftabel(0,05;12/125) =1,83, sehingga 1,65 < 1,83 (Fhitung < Ftabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variansi kelompok I dan Kelompok II adalah homogen.Langkah selanjutnya adalah uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata atau uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 3,93. Kemudian harga tersebut dibandingkan dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu 5% (0,05) dan derajat kebebasan (dk) = 144 adalah 1,96. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel maka diperoleh thitung = 3,93> ttabel = 1,96 berdasarkan kriteria pengambilan keputusan yang telah disusun bahwa apabila -thitung <- ttabel atau thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan H0 ditolak yang berarti hipotesis penelitian diterima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kecemasan menghadapi tes pada mata pelajaran ekonomi antara siswa program akselerasi dengan siswa reguler.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Sudarti 2.) Maisaroh, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:17
Last Modified: 31 Oct 2019 08:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item