PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ETIKA PROFESI DI SMK NEGERI JAKARTA SELATAN

NINDYA FLAURINA, . (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ETIKA PROFESI DI SMK NEGERI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

NINDYA FLAURINA, 8105160311, Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Etika Profesi di SMK Negeri Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 105 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan hasil belajar dengan thitung 2,712 > ttabel 1,983 dan terdapat juga pengaruh negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dan hasil belajar dengan thitung -6,110 > ttabel -1,983. Sedangkan berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil Fhitung 68,984 > Ftabel 3,09, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif efikasi diri dan pengaruh negatif prokrastinasi akademik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,575 yang artinya besarnya pengaruh efikasi diri dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 57,5%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah efikasi diri dan prokrastinasi akademik menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa hendaknya dapat membentuk sikap positif terhadap mata pelajaran etika profesi. Guru juga diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat dan memberikan teguran kepada siswa yang melakukan penundaan tugas sekolah agar siswa dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Kata kunci : efikasi diri, prokrastinasi akademik, hasil belajar NINDYA FLAURINA, 8105160311, The Effect of Self-Efficacy and Academic Procrastination on Student Learning Outcomes in Professional Ethics Subjects at SMK Negeri South Jakarta. Thesis. Jakarta. Faculty of Economics. State University of Jakarta. 2020 This study aims to determine the effect of self-efficacy and academic procrastination on learning outcomes. The method used is a survey method with a correlational approach. The affordable population is 144 students and the sample is 105 students. Data collection using questionnaire and documentation instruments. Based on the results of the t test it is known that there is a positive and significant effect between self-efficacy and learning outcomes with tcount 2.712> t table 1.983 and there is also a negative and significant effect between academic procrastination and learning outcomes with t -6,110> t-table -1,983. While based on the F test results obtained Fcount 68.984> Ftable 3.09, it can be interpreted that there is a positive influence of self-efficacy and a negative influence of academic procrastination together has a significant effect on learning outcomes and obtained a coefficient of determination of 0.575, which means the magnitude of the effect of self-efficacy and academic procrastination together on learning outcomes of 57.5%. The conclusion that can be drawn in this study is self-efficacy and academic procrastination to be factors that influence student learning outcomes. Students should be able to form a positive attitude towards professional ethics subjects. Teachers are also expected to be able to use learning methods that are able to foster student courage to express their opinions and give reprimands to students who postpone schoolwork so students can complete assignments on time.Keywording : Self Eficacy, Procrastination Academic, Learning Outcomes. Keywords: self-efficacy, academic procrastination, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2. Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4679 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:57
Last Modified: 01 Sep 2020 12:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item