PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TANGERANG SELATAN

NADIRA DWI PUSPITA, . (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

NADRA DWI PUSPITA, 8105160101, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 126 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 96 siswa. Dalam memperoleh data penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dan menggunakan uji t dan uji F dalam melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil thitung sebesar 4,497 yang berarti pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dengan perolehan thitung sebesar 3,483. Sedangkan dalam uji F diperoleh hasil Fhitung sebesar 65,720. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, koefisien korelasi sebesar 0,765 dan koefisien determinasi sebesar 0,586 yang berarti pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah memiliki 58,6% pengaruh terhadap motivasi belajar. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pola asuh dan lingkungan sekolah menjadi faktor dalam motivasi belajar. Dalam hal motivasi belajar sebaiknya ditingkatkan dan dipertahankan melalui penerapan suasana yang nyaman baik di rumah oleh orang tua maupun di sekolah oleh pihak sekolah. Kata kunci : pola asuh orang tua, lingkungan sekolah, motivasi belajar, sekolah menengah kejuruan NADIRA DWI PUSPITA, 8105160101, The Influence of Parenting and School Environment on Learning Motivation Accounting Students of SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. Thesis. Jakarta. Faculty of Economics. State University of Jakarta. 2020. This study aims to determine the effect of the school environment on student motivation in accounting expertise at SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. The method used in this study is a survey method with a quantitative approach. The affordable population in this study amounted to 126 students and the sample used was 96 students. In obtaining the data of this study using primary data using a questionnaire as a data collection tool. The testing technique used is multiple linear regression and uses the t test and F test in testing hypotheses. Based on the t test results obtained tcount of 4.497 which means that parenting parents have a significant effect on learning motivation and there is a significant influence between the school environment on learning motivation with tcount acquisition of 3,483. Whereas in the F test the Fcount results were obtained at 65.720. Then there is a significant influence between parenting parents and the school environment on learning motivation, correlation coefficient of 0.765 and a coefficient of determination of 0.586 which means that parenting patterns and the school environment have 58.6% influence on learning motivation. The conclusion that can be drawn in this study is that parenting and the school environment are factors in learning motivation. In terms of learning motivation it should be improved and maintained through the application of a comfortable atmosphere both at home by parents and at school by the school. Keyword : Parenting, School Environment, Learning Motivation, Vocational High School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4624 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 19:14
Last Modified: 01 Sep 2020 19:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9143

Actions (login required)

View Item View Item