PENGARUH MODAL USAHA DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI DI SULAWESI UTARA

DHIMAS PRABOWO, . (2012) PENGARUH MODAL USAHA DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI DI SULAWESI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pengaruh Modal Usaha dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Di Sulawesi Utara (Dhimas P 81258082651 Pen~1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dari bulan Maret sampai bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel random atau sampel acak sederhana.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 2.981 orang. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun pertama yang memiliki dan menggunakan produk teknologi informasi dan komunikasi berjumlah 748 orang. Sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah populasi terjangkau yaitu sebanyak 75 orang. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0384, sedangkan Ltabel untuk n = 75 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,102306, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 125,63-0,432X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 26,39 > 3,97, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,16 < 1,85, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = -0,515 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 5,133 dan ttabel = 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,515 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 26,55%, yang menunjukkan bahwa 26,55% perilaku konsumtif ditentukan oleh harga diri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si 2.) Dicky Iranto, S.E., M.E
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:59
Last Modified: 31 Oct 2019 08:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item