ANIMASI 2 DIMENSI DONGENG ACEH: PANGERAN AMAT MUDE

JENI NURJANAH, . (2020) ANIMASI 2 DIMENSI DONGENG ACEH: PANGERAN AMAT MUDE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Jeni Nurjanah. 2020. Animasi 2 Dimensi Dongeng Aceh: Pangeran Amat Mude. Tugas Akhir. Prodi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Nanggroe Aceh Darussalam adalah salah satu wilayah Nusantara yang memiliki beragam kekayaan warisan budaya. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki adalah Dongeng. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, saat ini dongeng Aceh sudah mulai dilupakan bahkan tidak dikenal oleh masyarakat. Apabila terus dibiarkan, dongeng Aceh akan semakin tergerus bahkan hilang. Berdasarkan permasalahan tersebut, karya ini dirancang dengan tujuan untuk melestarikan dan meningkatkan awareness serta kecintaan terhadap dongeng Aceh menggunakan media yang kekinian dan lebih diminati saat ini. Karya yang ditampilkan berupa video animasi 2 dimensi dongeng Aceh dengan Judul “Pangeran Amat Mude” yang dibuat dalam 5 chapter bersambung. Dongeng “Pangeran Amat Mude” merupakan dongeng parabel yang mengandung nilai-nilai moral dan pendidikan didalamnya sehingga karya ini dapat ditampilkan sebagai media hiburan dan edukasi. Animasi 2 dimensi dongeng Aceh “Pangeran Amat Mude” ditampilkan dengan spesifikasi ekstensi MP4, resolusi video 1920 x 1080 dan frame rate 29,7 frame per second. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan instrumen penelitian berupa wawancara terhadap target, observasi serta melakukan studi lapangan terhadap karya-karya sejenis. Survei dilakukan terhadap kelompok kecil masyarakat Aceh dan anak Sekolah Dasar dengan usia 7-12 tahun sebagai landasan dalam perancangan karya animasi dongeng Aceh ini. Secara keseluruhan, animasi dongeng Aceh “Pangeran Amat Mude” ditampilkan berbeda dengan produk yang sudah ada dipasaran. Cerita yang digunakan merupakan cerita baru yang telah diadopsi berdasarkan cerita tradisionalnya. Sehingga karya animasi dongeng ini menjadi lebih menarik serta nilai-nilai moral dan pendidikan yang terkandung didalam cerita dapat berguna bagi penontonnya. Kata Kunci: dongeng Aceh, animasi 2 dimensi, Pangeran Amat Mude   ABSTRACT Jeni Nurjanah. 2020. Aceh Folk Tales 2D Animation: Prince Amat Mude. Thesis. Visual Art Education Program, Faculty of Art and Language, Jakarta State University Nanggroe Aceh Darussalam is one of the provinces in Indonesia, which has a rich cultural heritage. One of them is folk tales. After conducting the research, In these days the story of Aceh has slowly not recognized even by the people of Aceh itself. If we continue to ignore this case, Aceh's tale might be forgotten slowly. Regarding to that case, this 2D Animation work created by purposed to perpetuate and to increase the number of awareness current generation of our local fables. Also, the media that used in this work was based on current trends. This work visualised by 2D Animation video with the title of work called "Prince Amat Mude" also this work was made in 5 chapters. The tale of "Prince Amat Mude" is a parable tale that contains values moral values and education in it so that this work can be displayed as a media entertainment and education. "Prince Amat Mude" is displayed with MP4 extension specifications, 1920 x 1080 video resolution and frame rate of 29.7 frames per second. The research method used is qualitative research. Some main element of this research is interviews with group of people, observations and conducting field studies of the work similar work. The survey was conducted on a small group of Acehnese people and school children basic with ages 7-12 years as a fundamental thing in designing this folk tales animation work. Overall. "Prince Amat Mude" was visualised in different way compared to existing similar work that already on internet. The story used is a new ones that have been adopted from traditional stories. Therefore, this folk tales work become more interesting with the moral and educational values contained in the story. Keywords: Aceh folk tales, 2d Animation, Prince Amat Mude

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eko Hadi Prayitno, S.Pd., M.Pd 2). Rizki Taufik Rakhman, S.Sn., M.Si
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 5297 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:38
Last Modified: 04 Sep 2020 16:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9179

Actions (login required)

View Item View Item