PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN

ENDAH PRASETYOWATI, . (2020) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perbedaan Motivasi Belajar Siswa antara Model Pembelajaran Blended Learning dengan Students Facilitator and Explaining Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata motivasi belajar antara penggunaan model pembelajaran blended learning dengan students facilitator and explaining pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan terhitung mulai dari Februari sampai Maret 2020. Populasi dari penelitian ini sebanyak 144 siswa atau seluruh siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Ngeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan bentuk desain penelitian Posstest Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur motivasi belajar siswa adalah menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian prasyarat menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menyatakan bahwa data varians adalah homogen. Hasil teknik analisis data sebagai berikut: semua data yang diperoleh dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai Thitung (3,243) > Ttabel (1,99444). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning dengan yang menggunakan students facilitator and explaining. Kata kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar Differences in Student Learning Motivation between Blended Learning Model and Students Facilitator and Explaining in Financial Accounting Subjects for Class XI Students in SMK Negeri 1 Kebumen. Thesis, Jakarta. Economic Education Study Program. Faculty of Economi, Jakarta State University. 2020. This study aims to determine the differences in student learning motivation between blended learning model and students facilitator and explaining in financial accounting subjects for class XI students in SMK Negeri 1 Kebumen. This research was conducted for one month from February to March 2020. The population of this study was 144 students or all grade XI AKL students at SMK Negeri 1 Kebumen. This study uses an experimental method, with a form of research design is posttest only control group design. The instrument used in this study to measure student motivation is using a questionnaire. The data analysis technique was performed prerequisite test first, that is normality test and homogeneity test, and hypothesis testing was done using t test.the prerequisite test results state that in the normality test the two classes are normally distributed. Homogeneity test results state that the data variance is homogeneous. The technical results of data analysis are as follows: all data obtained in this study are normally distributed and homogenous. The results of hypothesis test that is t-test obtained Tcount (3,243) > T table (1,99444). It can be conclude that there are differences in the average learning motivation of students who use blended learning models with those who use students facilitator and explaining in. Keywords: Blended Learning Model, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4407 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:20
Last Modified: 04 Sep 2020 12:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item