HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS X SMA BUDI MULIA JAKARTA DAN BOGOR

TIOMAS REDIA GULTOM, . (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS X SMA BUDI MULIA JAKARTA DAN BOGOR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Siswa SMA Budi Mulia adalah generasi yang lahir antara tahun 2000an. Dimana orang yang lahir antara tahun tersebut, sejak lahir sudah sangat akrab dengan teknologi. Mereka menghabiskan hampir seluruh waktu dan aktivitas mereka terkoneksi dengan gawai dan media sosial. Demikian pula dalam pembelajaran, generasi ini menjadikan gawai dan media sosial sebagai salah satu sarana pembelajaran terutama dalam memenuhi kebutuhan akan bahan bacaan yang mendukung untuk mengembangkan keterampilan membaca intensif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan dua variabel atau lebih. Dalam hal ini tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana hubungan penggunaan media sosial dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca intensif. Berdasarkan analisis regresi nilai korelasi (Young), dimana variabel Y terhadap X1= 0.829 dan Y terhadap X2 = 0.720, yang berarti adanya hubungan substansial atau sangat kuat antara kedua variabel tersebut. Dengan kata lain, variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap variabel Y. Sedangkan untuk analisis korelasi menurut (Durbin Watson) nilai 0,717 dalam kolom R menunjukkan bahwa hubungan diantara kedua variabel tersebut sangat kuat. Kolom Adjusted R Square sebesar 0,714 berarti bahwa 71% dari variabel kemampuan membaca intensif dipengaruhi oleh variabel prediktor, yaitu variabel penggunaan media sosial dan keterampilan berpikir kritis. Terakhir adalah analisis faktor untuk melihat komponen yang paling dominan. Dalam hal ini terdapat 15 komponen yang dominan dalam penelitian ini. Kata kunci: Media sosial, berpikir kritis, keterampilan membaca intensif ABSTRACT Budi Mulia High School students are the generation born between the 2000s. Where people born between these years, from birth are very familiar with technology. They spend almost all of their time and activities connected with devices and social media. Likewise in learning, this generation makes devices and social media as a means of learning, especially in meeting the need for reading material that supports to develop intensive reading skills and improve critical thinking skills. This type of research is correlational research, which is research that aims to determine the extent of the relationship between two or more variables. In this case the purpose of this study is to determine the extent of the relationship between the use of social media and critical thinking on intensive reading skills. Based on the regression analysis of correlation values (Young), where the variable Y to X1 = 0.829 and Y to X2 = 0.720, which means there is a substantial or very strong relationship between the two variables. In other words, the variables X1 and X2 have a very strong influence on the Y variable. While for the correlation analysis according to (Durbin Watson) the value of 0.717 in column R shows that the relationship between the two variables is very strong. The Adjusted R Square column of 0.714 means that 71% of the intensive reading ability variables are influenced by predictor variables, namely the use of social media and critical thinking skills. Finally, factor analysis to see the most dominant component. In this case there are 15 dominant components in this study. Keywords: Social media, critical thinking, intensive reading skills

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof.Dr.Yumna Rasyid, M.Pd 2. Prof.Dr. Zainal Rafli, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 4889 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 20:53
Last Modified: 01 Sep 2020 20:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item