PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA

ASRI AGUSTIN, . (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ASRI AGUSTIN. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar (X1), dan perhatian orangtua (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai Maret hingga Juni 2020. Populasi dari penelitian ini sebanyak 178 siswa Kelas X SMK Negeri 50 Jakarta yang terdiri dari jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring, dan Pemasaran, serta Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 siswa. Data variabel hasil belajar (Y) diperoleh dari nilai asli PTS Siswa, untuk variabel minat belajar (X1) dan perhatian orangtua (X2) diperoleh dai kuisioner. Uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear. Analisis data menggunakan persamaan regresi berganda yang menghasilkan Y = 60,775 - 0,122X1 + 0,239X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar danASRI AGUSTIN. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar (X1), dan perhatian orangtua (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai Maret hingga Juni 2020. Populasi dari penelitian ini sebanyak 178 siswa Kelas X SMK Negeri 50 Jakarta yang terdiri dari jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring, dan Pemasaran, serta Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 siswa. Data variabel hasil belajar (Y) diperoleh dari nilai asli PTS Siswa, untuk variabel minat belajar (X1) dan perhatian orangtua (X2) diperoleh dai kuisioner. Uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear. Analisis data menggunakan persamaan regresi berganda yang menghasilkan Y = 60,775 - 0,122X1 + 0,239X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan perhatian secara bersama-sama orangtua terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Minat Belajar dan Perhatian Orangtua secara simultan berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Kata kunci: minat belajar, perhatian orangtua, hasil belajar ASRI AGUSTIN. The Effect of Learning Interest and Parent’s Attention on Student Learning Outcomes of First Grade at 50 Vocational High School. Thesis, Jakarta. Economic Education Study Program. Faculty of Economic, Jakarta State University. 2020 This study aims to determine the impact of learning interest and parent’s attention on student learning outcomes of first grade at 50 vocational high school. This research was conducted for four months from March to June 2020. The population of this research was 178 students of firs grade at 50 vocational high school, from Accounting, Office Administration, and Marketing major. The sampling technique uses proportional random sampling to obtain a sample of 123 students. Data for learning outcome (Y) variable obtained from students midterm score, and data for learning interest (X1) and Parent’s Attention (X2) obtained from questionnaire. Test requirement analysis is done, the data are expressed in normal and linear distribution. The data analysis used multiple regression which resulted in Y = 60,775 – 0,122X1 + 0,239X2. The results showed that: (i) there was negative and significant influence between learning interest on student learning outcomes, (ii) there was a positive and significant influence between parent’s attention on student learning outcomes, (iii) there was a positive and significant influence between learning interest and parent’s attention jointly on student learning outcomes. Based on the results of the analysis it can be concluded that learning interest and parent’s attention simultaneously affect student learning outcomes. Keywords: learning interest, parent’s attention, learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2) Achmad Fauzi, S.Pd.,M.Ak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4826 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 11:22
Last Modified: 22 Aug 2022 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9443

Actions (login required)

View Item View Item