MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS (PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK B PAUD ISLAM CIKAL HARAPAN 4 DEPOK)

FARDIAH, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS (PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK B PAUD ISLAM CIKAL HARAPAN 4 DEPOK). Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan proses implementasi dari pembelajaran sains dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B di PAUD Islam Cikal Harapan 4 Depok, Jawa Barat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak dalam kelas B usia 5-6 tahun di PAUD Cikal Harapan 4 Depok, Jawa Barat. Langkah-langkah di dalam penelitian ini: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus pertama sejumlah enam kali tindakan dan siklus kedua sejumlah empat kali tindakan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Sedangkan analisis data kualitatif menggunakan analisis data dari catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan persentase 58,33% menjadi 83,33% menjadi 92,50%. Hasil penelitian ini mengarahkan pada rekomendasi kepada guru dan orang tua untuk menggunakan pembelajaran sains sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata kunci: anak usia dini, kemampuan kognitif, pembelajaran sains. The objective of this research was to determine the process of implementation of science learning in increasing child cognitive ability in group B in PAUD Islam Cikal Harapan 4 Depok, Jawa Barat. This research is an action research which refers to the model of classroom action research by Kemmis and Mc. Taggart. The subject of this research are children in Group B PAUD PAUD Islam Cikal Harapan 4 Depok, there are 15 children. The steps of this research: 1) Planning, 2) Action, 3) Observation, 4) Reflection. This research consist by two cycles, first cycle consist of six times in actions and the second cycle consists of four times in actions. The analysis of the data used qualitative and quantitative approaches. The analysis of quantitative data used descriptive statistics that compare the results obtained from the first cycle and the second cycle. While the analysis of qualitative data used analyzing data from the field notes and interviews during the research by steps of data reduction, data display and data verification The end of this research is the percentage 58,33% to 83,33% to 92,50%. The findings lead to the recommendation to the teacher and parents to use the science learning as the method to increase student’s cognitive ability. Keywords: early childhood, cognitive ability, scientific learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 5120 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 17:39
Last Modified: 03 Sep 2020 17:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item