HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN COPING STRESS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI

JEHAN SHAHNAZ AZAHRA, . (2018) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN COPING STRESS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FIX SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan setiap aspek coping stress pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Jumlah sample yang diambil pada penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa. Dalam proses pengolahan data digunakan skor murni yang berasal dari pemodelan Rasch. Alat ukur yang digunakan untuk stres akademik adalah Gadzella’s Student-Life Stress Inventory dan untuk alat ukur coping stress berdasarkan teori Lazarus dan Folkman. Metode pegolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis korelasi. Hubungan yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi stres akademik semakin tinggi pula coping stress mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Secara umum mahasiswa pada penelitian ini berada di kategori stres sedang (79,8%) dan dalam mengatasi stres yang dialami mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi menggunakan emotional focused coping lebih besar dibandingkan problem focused coping dengan nilai korelasi sebesar 0,628 dan problem focused coping sebesar 0,224.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gantina Komalasari, M.Psi 2) Mira Ariyani, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2019 10:58
Last Modified: 03 Oct 2019 10:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item