Pembiasaan Perilaku Peduli Lingkungan melalui Program Bank Sampah (Studi Kasus di SMP Negeri 157 Jakarta)

HISYAM LUTHFAN WIRAWAN, . (2020) Pembiasaan Perilaku Peduli Lingkungan melalui Program Bank Sampah (Studi Kasus di SMP Negeri 157 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris, fakta dan informasi yang valid serta dapat dipercaya mengenai Pembiasaan Perilaku Peduli Lingkungan melalui Program Bank Sampah (studi kasus di SMP Negeri 157 Jakarta). Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung dari Februari sampai Mei 2020. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik kalibrasi data yang digunakan yaitu triangulasi dengan expert opinion, kemudian disajikan secara deskriptif, dan terakhir penarikan kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 157 Jakarta merasakan perubahan dengan adanya pembiasaan perilaku peduli lingkungan melalui program bank sampah. Siswa ditanamkan pemahaman peduli lingkungan melalui pelaksanaan program bank sampah yang dilakukan dengan sosialisasi, pengumpulan sampah, pemilahan sampah, penimbangan dan juga penyetoran. Selain itu siswa juga diajarkan bagaimana mengolah sampah dengan membuatnya menjadi sebuah benda yang dapat dipakai kembali. Siswa di SMP 157 Jakarta ini juga mendapatkan penguatan perilaku peduli lingkungan saat melakukan pembelajaran di dalam kelas melalui pelajaran PPKn, Biologi, Seni Budaya, dan Kewirausahaan. Setelah melakukan rutinitas ini siswa menjadi tertanamkan perilaku peduli lingkungannya dengan berperan aktif tidak buang sampah sembarangan, menegur teman atau orang yang membuang sampah sembarangan, dan juga menjadi bisa mengelola sampah untuk dijadikan barang ekonomis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, terdapat perubahan dimana siswa merasa lebih peduli terhadap lingkungan. Selain itu bank sampah juga mampu mengedukasi bahwa sampah yang dianggap menjadi masalah, bila diolah dapat menjadi berkah. This study aims to obtain empirical data, valid and unreliable facts and information about the Habitual Caring Behavior of the Environment through the Waste Bank Program (case study at SMP Negeri 157 Jakarta). This research was conducted over the next three months from February to May 2020. This study used a qualitative study method. The data techniques used were observation, interviews, and documentation. While the data calibration technique used is triangulation with expert opinion, then presented descriptively, and finally drawing conclusions. The findings in this study indicate that students of SMP Negeri 157 Jakarta feel a change with the habit of caring behavior for the environment through the waste bank program. Students are instilled in an understanding of environmental care through the implementation of the waste bank program which is carried out by socializing, monitoring waste, sorting waste, weighing and also depositing. In addition, students also teach how to process waste into objects that can be used again. This student of SMP 157 Jakarta also received a strengthening of environmental awareness during learning in PPKn class lessons, Biology, Cultural Arts, and Entrepreneurship. After carrying out this routine, students become instilled in their environmental care behavior by not littering, admonishing trash or people littering, and also being able to help trash to become economical. The conclusion of this study is, there are changes where students feel more concerned about the environment. In addition, the garbage bank is also able to educate that waste which is considered to be a problem, if processed can become something great

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Raharjo, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Yasnita, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4214 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 11:54
Last Modified: 02 Sep 2020 11:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item