PEMBELAJARAN VOKAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

RICHARD AGUST HIA, . (2020) PEMBELAJARAN VOKAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (357kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (245kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (639kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (643kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam pembelajaran vokal. Objek dalam penelitian ini yaitu pembelajaran vokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan editing, organizing, dan melakukan analisis lanjutan terhadap hasil pengorganisasian data dengan menggunakan teori dan metode yang ditentukan, sehingga memperoleh kesimpulan dari rumusan masalah yang telah dibuat. Hasil dari penelitian ini merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan pembelajaran vokal pada kegiatan ekstrakurikuler kepada siswa. Di dalam RPP tersebut, terdapat tahapan-tahapan dalam pembelajaran vokal. Tahapan-tahapan pembelajaran vokal dimulai dari guru dan siswa melakukan vocalizing, seperti pernafasan, artikulasi, serta interval. Setelah vocalizing, pada tahapan selanjutnya guru menyampaikan materi lagu kepada siswa. Di dalam penerapannya, guru terlebih dahulu mendemonstrasikan tiap frasering yang ada dalam materi lagu. Setelah mendemonstrasikan, siswa ikut menyanyikan lagu yang didemonstrasikan oleh guru. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang, sampai siswa dapat menyanyikan tiap frasering tersebut dengan baik. Dalam hal ini, pembelajaran vokal memberikan kemajuan bagi siswa dalam membaca notasi angka dengan benar. Kata Kunci: Pembelajaran, vokal ABSTRACT This study aims to determine the stages in vocal learning. The object in this study is vocal learning. The method used in this study is a qualitative research method, and the type of research used is library research. Data collection techniques are done by editing, organizing, and conducting further analysis of the results of organizing the data using the theories and methods determined, so as to obtain conclusions from the formulation of the problem that has been made. The results of this study are the Learning Implementation Plan (RPP) as a learning tool used by teachers in teaching vocal learning in extracurricular activities to students. In the RPP, there are stages in vocal learning. The stages of vocal learning begin with the teacher and students doing vocalizing, such as breathing, articulation, and intervals. After vocalizing, at the next stage the teacher conveys song material to students. In its application, the teacher first demonstrates each frasering in song material. After demonstrating, students come to sing songs that are demonstrated by the teacher. This is done repeatedly, until students can sing each of these frasering well. In this case, vocal learning provides progress for students in reading number notation correctly. Keywords: Learning, vocal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Clemy Ikasari Ichwan, M.Pd. 2). Didin Supriadi, S.Sen., M.Sn.
Subjects: Seni Musik > Musik
Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 4933 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 09:48
Last Modified: 21 Sep 2020 09:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item