PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMAD MAULANA, . (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret sampai dengan Juli 2020. Populasi terjangkau pada penelitian ini memiliki jumlah 173 mahasiswa. Pada penelitian ini memiliki sampel berjumlah 114 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling atau memberikan peluang yang sama untuk semua populasi menjadi sampel. Pada pengolahan data peneliti menggunakan skala likert. Pendidikan Kewirausahaan (X1), Lingkungan Keluarga (X2), dan Motivasi Berwirausaha (Y) merupakan data primer yang berbentuk dalam kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu, analisa outer model, pinner model, dan Pengujian hipotesis. Pada analisa outer model terdiri dari Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, dan Cronbach Alpha. Pada analisa inner model terdiri dari R-Square (R2), ƒ-Square (f 2), dan Variance Inflation Factor (VIF). Pada perhitungan Path Coefficient variabel Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga mendapatkan hasil nilai T-Statistics > 1,96 dan nilai P Values < 0,05. Hal ini memperlihatkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha. Pada uji F menghasilkan nilai F hitung sebesar 182,793 > F Tabel 3,08. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga berpengaruh secara simultan terhadap Motivasi Berwirausaha. This study is to determine whether there is an effect of entrepreneurship education and family environment on entrepreneurial motivation. This research was conducted from March to July 2020. The affordable population in this study had 173 students. This study has a sample of 114 students. The sampling technique uses simple random sampling or provides equal opportunities for all populations to be sampled. In data processing, researchers used a Likert scale. Entrepreneurship Education (X1), Family Environment (X2), and Entrepreneurial Motivation (Y) are primary data in the form of a research questionnaire. The data analysis techniques used by researchers are outer model analysis, pinner model, and hypothesis testing. In the analysis, the outer model consists of Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, and Cronbach Alpha. In the analysis, the inner model consists of R-Square (R2), ƒ-Square (f 2), and Variance Inflation Factor (VIF). In the calculation of the Path Coefficient variable, Entrepreneurship Education and Family Environment, the results of the T-Statistics value> 1.96 and the P value <0.05. This shows that Entrepreneurship Education has a positive and significant effect on Entrepreneurial Motivation and the Family Environment also has a positive and significant effect on Entrepreneurial Motivation. In the F test, the calculated F value is 182.793> F Table 3.08. Therefore, it can be concluded that Entrepreneurship Education and the Family Environment simultaneously influence Entrepreneurial Motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henry Eryanto, M.M ; 2). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5127 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 09:19
Last Modified: 10 Sep 2020 09:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item