Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pemberdayaan Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada 19 SMA Swasta

RAMZY MULTAHADI, . (2018) Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pemberdayaan Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada 19 SMA Swasta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8105117979_Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8105117979_table_of_content.pdf

Download (104kB)
[img] Text
8105117979_chapter1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
8105117979_chapter2.pdf

Download (273kB)
[img] Text
8105117979_chapter3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
8105117979_chapter4.pdf

Download (666kB)
[img] Text
8105117979_chapter5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
8105117979_bibliography.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan pada 19 SMA Swasta di kota Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai April 2017 sampai Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau adalah guru pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur yang sudah tersertifikasi dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah guru pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur yang sudah tersertifikasi berjumlah 76 guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16.0. Perhitungan data penelitian dimulai dengan melakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dengan nilai signifikasi kualitas pendidikan sebesar 0,381, nilai signifikasi supervisi kepala sekolah sebesar 0,185 dan nilai signifikasi pemberdayaan guru sebesar 0,361, berdasarkan hasil tersebut maka semua data berdistribusi normal karena nilai signifikasi lebih dari 0,05, dan uji linieritas antara supervisi kepala sekolah dengan kualitas pendidikan sebesar 0,000, maka terdapat hubungan linier antara supervisi kepala sekolah demgan kualitas pendidikan, dan pemberdayaan guru dengan kualitas pendidikan sebesar 0,000, maka terdapat hubungan linier antara pemberdayaan guru dengan kualitas pendidikan karena nilai signifikasinya kurang dari 0,05. Perhitungan hasil persamaan regresi berganda yang diperoleh Ŷ = 50,577 + 0,224X1+ 0,047X2. Selanjutnya Uji Koefisein Regresi (uji t) diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai thitung (6,074) > ttabel (1,993). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai thitung (2.088) > ttabel (1,993). Dari hasil Uji Koefisien Regresi (uji F) diketahui bahwa: Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (28,819 > 3,122). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur, dengan sumbangan pengaruh supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru adalah sebesar 44,1%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si 2) Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Oct 2019 12:16
Last Modified: 31 Oct 2019 12:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item