PENGARUH TEKNIK SHOW NOT TELL DENGAN MEDIA VIDEO KANAL YOUTUBE HUJAN TANDA TANYA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMKN 40 JAKARTA

NAUFAL ILHAM MU'AFI, . (2020) PENGARUH TEKNIK SHOW NOT TELL DENGAN MEDIA VIDEO KANAL YOUTUBE HUJAN TANDA TANYA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Show Not Tell dengan media video kanal YouTube Hujan Tanda Tanya menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas X SMKN 40 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian model one group pre-test post-test design. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (lillefors), diperoleh Lo= 0103< Ltabel = 0,160 pada pretest dan Lo=0,117< Ltabel = 0,160 dengan taraf signifikasi α=0,05 pada posttest maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung = 1,254 dan Ftabel = sebesar 3,354, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0,05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung=11,920 > ttabel=2,052 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0,05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Show Not Tell dengan media video kanal YouTube Hujan Tanda Tanya menggunakan Google Classroom berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas X SMKN 40 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat sepuluh aspek penilaian. Struktur penggambaran kejadian dan aspek keempat yaitu konjungsi kesewaktuan memiliki pencapaian yang tertinggi dari aspek lain. Berdasarkan hasil di atas, teknik Show Not Tell dengan media video kanal YouTube Hujan Tanda Tanya menggunakan Google Classroom dapat dijadikan sebagai teknik yang baik untuk pembelajaran teks eksplanasi kompleks. Selain itu, juga dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksposisi pada kompetensi dasar 3.4 dan 4.4. Kata Kunci : Teknik Show Not Tell, media video kanal YouTube Hujan Tanda Tanya, Google Classroom, teks eksplanasi kompleks. This study aims to determine the effect of the Show Not Tell technique with YouTube Hujan Tanda Tanya media using the Google Classroom on the ability to write complex explanatory texts in class X students of SMKN 40 Jakarta. This study used an experimental method with a one group pre-test post-test design research model. Prerequisite test data analysis is done by normality test (lillefors), obtained Lo = 0,103 <Ltable = 0,160 on pre-test and Lo = 0,117 <Ltable = 0,160 on pos-test with significance level α = 0.05, then the data is declared normally distributed. Homogeneity test results (Fisher Test) obtained Fcount = 1,254 and Ftable = 3,354, obtained that Fcount <Ftable, then the data has a homogeneous variance with significance level α = 0.05. The results of data analysis by t-test obtained tcount = 11,920 > ttable = 2,052 results of interpolation with significance level α = 0,05. It can be stated that Ho was rejected and H1 was accepted. The results o this study indicate that the use of the Show Not Tell technique with YouTube channel video Hujan Tanda Tanya media using the Google Classroom affects the ability to write complex explanatory texts in class X students of SMKN 40 Jakarta. At the evaluation stage, there are ten aspects of assessment. The structure of the description of events and the fourth aspect, namely the conjunction of time, has the highest achievement from other aspects. Based on the above results, the Show Not Tell technique with video YouTube channel Hujan Tanda Tanya using the Google Classroom can be used as a good technique for learning complex explanatory texts. It can also be implemented for exposition text on basic competencies 3.4 and 4.4 Keywords : Show Not Tell technique, Video YouTube channel Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda, Google Classroom, complex explanatory texts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Edi Puryanto, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4836 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 15:26
Last Modified: 07 Sep 2020 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item