PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AMELIA SEPTIANTI, . (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (811kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat kewirausahaan yang dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta angkatan 2016. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan Pendekatan deskriptif, populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNJ. Model dalam penelitian ini menggunakan model analisis jalur. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) yang dioperasikan dengan program SmartPLS versi 3.0 untuk pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini juga menguji deteksi pengaruh variabel intervening melalui uji Sobel. Teknik analisis yang dilakukan dalam PLS meliputi tiga tahap, yaitu analisis model luar, analisis model dalam, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan efikasi diri sebagai mediasi diantara keduanya. Kata kunci: efikasi diri, minat berwirausaha, pengetahuan wirausaha The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest mediated by self-efficacy in Economics Education students, Faculty of Economics, Jakarta State University in 2016. The research method used by researchers was a survey method with a descriptive approach, the population used was all students Economic Education FE UNJ. The model in this study uses the path analysis model. The analysis technique used in this study uses SEM (Structural Equation Modeling) which is operated with the SmartPLS version 3.0 program for testing hypotheses. In this study also tested the detection of the effect of intervening variables through the Sobel test. The analysis technique carried out in PLS includes three stages, namely the analysis of the outer model, analysis of the inner model, and testing of hypotheses. The results of the study are that entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on entrepreneurial interest, self-efficacy has a positive and significant effect on entrepreneurial interest, entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on self-efficacy, and entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on entrepreneurial interest with self-efficacy as mediation between both. Keywords: entrepreneurial knowledge, entrepreneurial interest, self-efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henry Eryanto, M.M ; 2). Dr. Osly Usman, S.E., M.Bus Mgt., M.Bus Syst
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5375 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 11:12
Last Modified: 08 Sep 2020 11:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item