PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 2 DI MAN 3 JAKARTA

LAILI NUR KHOLISOH, . (2014) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 2 DI MAN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2013-2014, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap pemahaman membaca bahasa Arab siswa kelas 2 MAN 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 2 dan sempelnya adalah siswa kelas 2 IPS sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Pangambilan sempel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 21 soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Setelah dilakukan Uji Normalitas dengan hasil normal, uji homogen dengan data yang homogen, dan uji hipotesis dengan uji-t maka nilai thitung yang diperoleh sebesar 6,203 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (n-2) = 64 sebesar 1,67. Maka nilai thitung > tabel. Dengan demikian, hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap pemahaman membaca bahasa Arab siswa ditolak. Sedangkan hipotesis penelitian (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap pemahaman membaca Bahasa Arab siswa diterima. Maka penggunaan metode tutor sebaya ini pada pengajaran membaca Bahasa Arab dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu pengajaran membaca Bahasa Arab menggunakan metode tutor sebaya lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. ; 2). Syamsi Setiadi, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 31 Oct 2019 15:01
Last Modified: 31 Oct 2019 15:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item