PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP FORGIVENESS PADA MAHASISWA KORBAN BULLYING

WIWIT INDAH SARI, . (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP FORGIVENESS PADA MAHASISWA KORBAN BULLYING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (757kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap forgiveness pada mahasiswa korban bullying. dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala pengukuran psikologi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 217 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Transgression Related Interpersonal Motivation (TRIM-18) yang dikembangkan oleh McCullough dan Emotional Quintent Inventory Short Version (EQ-IS) yang dikembangkan oleh Reuven Bar-On dan dikembangkan oleh Dhiani Rizki Putri (2017). Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0.05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan forgiveness pada mahasiswa korban bullying. Hubungan dalam penelitian ini bersifat positif yaitu semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki mahasiswa maka, kemampuan memaafkan (forgiveness) juga tinggi. This study aims to identify whether there is a significant relationship between emotional intelligence and forgiveness in bullying students. in this study using quantitative methods with a psychological measurement scale. The technique in this study used a purposive sampling technique with 217 respondents. The measuring instrument used in this study is Transgression Related Interpersonal Motivation (TRIM-18) developed by McCullough and Emotional Quintent Inventory Short Version (EQ-IS) developed by Reuven Bar-On and developed by Dhiani Rizki Putri (2017) . The statistical analysis used in this study is a simple regression analysis test. The results showed Sig. (2-tailed) <0.05 which means that there is a significant relationship between emotional intelligence with forgiveness among students of bullying. The relationship in this study is positive, namely the higher emotional intelligence students have, the forgiveness ability is also high.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.phil Zarina Akbar, M.Psi ; 2). Rahmadianty Gazadinda, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 6053 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 13:09
Last Modified: 09 Sep 2020 13:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item