PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN BERNYANYI DIIRINGI MUSIK TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di TK English Speaking Moslem Rawamangun, Jakarta Timur)

DABILA NOORZANA, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DAN BERNYANYI DIIRINGI MUSIK TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di TK English Speaking Moslem Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II revisi skripsi.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III revisi skripsi.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB V revisi skripsi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Dabila abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (115kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dan bernyanyi diiringi musik terhadap keterampilan komunikasi anak usia 4-5 tahun. Populasi yang digunakan adalah seluruh seluruh TK islam yang berakreditasi A yang ada di Rawamangun dengan Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga sampel penelitian jatuh kepada English Speaking Moeslim (ESM) dengan K1A sebagai kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan K1B sebagai kelas kontrol berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan desain randomize control group pre test- post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi berupa pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran dengan pemberian perlakuan berupa metode bercerita dan bernyanyi diiringi musik dan menggunakan intrumen keterampilan komunikasi serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian post-test kelompok eksperiman dan post-test kelompok kontrol menunjukkan thitung > ttabel, Hal ini berarti bahwa penelitian menolak H0 dan menerima Ha. Dari hasil uji-t post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol diketahui thitung =15.05, ttabel = 1.782, α = 0,05, thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa penelitian menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita dan bernyanyi diiringi musik terhadap keterampilan komunikasi anak usia 4-5 tahun. Keterampilan komunikasi anak yang menggunakan metode bercerita dan bernyanyi diiringi musik lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan komunikasi anak yang hanya menggunakan metode bernyanyi. Implikasi dari penelitian ini adalah metode bercerita dan bernyanyi diiringi musik dapat dipergunakan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi pada anak dan menambahkan ilmu pengetahuan baru mengenai metode pembelajaran yang menyenangkan bagi guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis S.Pd, M.Pd, ; 2). Dr.Hapidin M.Pd,
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Nov 2019 10:31
Last Modified: 01 Nov 2019 10:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item