STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA BRAILLE PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA (Studi Deskriptif di Kelas I SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta)

Darma Kusumah, . (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA BRAILLE PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA (Studi Deskriptif di Kelas I SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Darma Kusumah - ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Darma Kusumah-Artikel Ilmiah.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Darma Kusumah - SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Darma Kusumah - SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran membaca Braille permulaan bagi peserta didik tunanetra. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Strategi pembelajaran membaca Braille permulaan dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan pembelajaran membaca Braille permulaan dilakukan oleh guru kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan Braille peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drilling. Materi yang diajarkan mengenal huruf Braille dan membacanya dalam bentuk huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Dalam pelaksanaannya pembelajaran disampaikan secara individual. Evaluasi dilakukan dalam bentuk penilaian tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Asep Supena, M.Psi ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Nov 2019 10:46
Last Modified: 01 Nov 2019 10:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item