PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA KOMIK STRIP GHOSTY’S MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 70 JAKARTA

YOSUA ADIGUNA, . (2020) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA KOMIK STRIP GHOSTY’S MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode picture and picture dengan media komik strip ghosty’s melalui google classroom dan zoom terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta dengan populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri 70 Jakarta dan sampel dari kelas X IPA 6 sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Uji syarat analisis dilakukan dengan uji normalitas (lilliefors), diperoleh Lo= 0,104< Ltabel = 0,161 pada tes awal, dan Lo= 0,138< Ltabel = 0,161 pada tes akhir dengan taraf signifikasi α=0,05, maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (uji fisher) diperoleh Fhitung= 1,445< Ftabel = 1,85 dengan taraf signifikasi α=0,05, maka data dinyatakan homogen. Hasil uji-t pada skor Tes Akhir kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung=7,260 > ttabel=2,042 dengan taraf signifikasi α=0,05. Oleh karena thitung > ttabel, dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode picture and picture dengan media komik strip ghosty’s melalui google classroom dan zoom berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta. Hasil penilaian menunjukkan nilai rata-rata 65,56 pada tes awal, dan 75,46 pada tes akhir. Penilaian terdiri atas sebelas aspek. Penentuan topik dan kelengkapan struktur merupakan aspek yang memiliki pencapaian tertinggi. Penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran teks cerita pendek kelas XI dengan kompetensi dasar 3.9 yakni menganalisis unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek dan kompetensi dasar 4.9 mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur pembangun cerpen. ***************** This study aims to determine the influence of the picture and picture method with ghosty's comic strip media through google classroom and zoom on the ability to write anecdotal text of class X 70 Public Senior High School Jakarta with a population of all students of 70 Public Senior High School Jakarta and a sample of class X IPA 6 as many as 30 students. The method used in this study is a quasi-experimental research design with one group pre-test post-test. The data analysis test was done with the normality test (lilliefors), obtained Lo = 0.104 <Ltable = 0.161 in the pre-test, and Lo = 0.138 <Ltable = 0.161 in the posttest with a significance level of α = 0.05, then the data was declared to be normally distributed. The results of the homogeneity test (Fisher's test) obtained F count = 1.445 <Ftable = 1.85 with a significance level α = 0.05, then the data was declared homogeneous. The results of the t-test on the posttest score of the experimental class showed that t count = 7.260> ttable = 2.042 with a significance level of α = 0.05. Because tcount> ttable, it can be stated that H1 is accepted. The results of this study indicate that picture and picture method with ghosty’s comic strip media through google classroom and zoom has an effect on the ability to write anecdotal text of class X students of SMA Negeri 70 Jakarta. The results of the assessment showed an average value of 65.56 in the pre-test, and 75.46 in the post-test. The assessment consisted of eleven aspect. Topic determination and completeness of the structure are the aspects that have highest score. This study has implications for learning short story text for class XI with basic competence 3.9, namely analyzing elements of short story builders in short story collection books and basic competence 4.9 constructing a short story by paying attention to short story building elements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Edi Puryanto, M.Pd. ; 2. Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 5179 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2020 18:24
Last Modified: 14 Sep 2020 18:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item