MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU IDIOM MUSIK TRADISIONAL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI JAKARTA SELATAN)

TAUFIK HIDAYATULLOH, . (2020) MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU IDIOM MUSIK TRADISIONAL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI JAKARTA SELATAN). Magister thesis, UNIVSRSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER. PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU IDIOM MUSIK TRADISIONAL MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL (Penelitian dan Pengembangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di Jakarta Selatan) Taufik Hidayatulloh1, Elindra Yetti2, Hapidin3 taufik.gibran87@gmail.com Universitas Negeri Jakarta elindrayetti@unj.ac.id Universitas Negeri Jakarta hapidin@unj.ac.id Universitas Negeri Jakarta ABSTRACT Gerak dan lagu merupakan kegiatan yang disukai anak-anak sehingga akan memudahkan guru dalam menanamkan konsep matematika sejak dini. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran matematika dan media lagu idiom musik tradisional (Gelantram) menggunakan desain pengembangan produk model ADDIE. Pengumpulan data uji efektivitas media melalui perolehan pre-test dan post-test pada 5 responden di satu lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai pemahaman matematika awal konsep geometri, bilangan dan pengukuran yang signifikan melalui media pembelajaran. Hasil uji efektivitas menjadi dasar penyusunan produk akhir untuk merevisi dan melengkapi kekurangan media pembelajaran gerak matematika dan lagu idiom musik tradisional (Gelantram). Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan konsep matematika lainnya melalui media pembelajaran gerak dan lagu. Kata kunci: Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini, Gerak Dan Lagu Idiom Musik Tradisional, Media Pembelajaran Anak Usia dini LEARNING MEDIA OF MOVEMENT AND TRADITIONAL IDIOM SONG TO ENHANCE EARLY MATHEMATICAL ABILITY Taufik Hidayatulloh1, Elindra Yetti2, Hapidin3 taufik.gibran87@gmail.com Universitas Negeri Jakarta elindrayetti@unj.ac.id Universitas Negeri Jakarta hapidin@unj.ac.id Universitas Negeri Jakarta ABSTRACT Movement and songs are activities that children enjoy, making it easier for teachers to instill early math concepts. Research and development of Mathematics and Traditional Song Media (Gelantram) using the ADDIE model. Collecting data on effectiveness test through pre-test and post-test acquisition on 5 respondents in one research place. The findings show that there is a significant increase values for early mathematical understanding of the concept of geometry, numbers and measurements through the learning media. The results of the effectiveness test become the final basis for revision and complement the shortcomings of Mathematics and Song (Gelantram) Motion Media. Further research can be carried out to develop other mathematical concepts through motion learning media and songs. Keyword: Early Mathematical Ability, Movement and Idiom Traditional Song, Early Childhood Learning Media

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yett, M. Pd. ; 2). Dr. Hapidin, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Kesenian > Seni Tari
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 6011 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:55
Last Modified: 08 Sep 2020 10:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item