EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT) PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

MUHAMMAD FADHIL, . (2020) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT) PERPUSTAKAAN NASIONAL RI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model evaluasi empat level Kirkpatrick diterapkan di program pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Perpustakaan Nasional RI. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi Kirkpatrick (Reaction, Learning, Behaviour, Result). Subjek penelitian ini adalah penyelenggara pelatihan, instruktur pelatihan dan peserta pelatihan pengolahan Bahan Pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penyelenggaraan program Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka belum berjalan dengan baik berdasarkan pada aspek yang dievaluasi. 1) Pada aspek evaluasi Reaction, penyelenggaraan pelatihan pada tahap ini telah berjalan dengan baik dilihat dari hasil nilai akhir evaluasi reaksi penyelenggara yang memiliki nilai 93.88 atau sangat memuaskan dan nilai akhir evaluasi instruktur yang memiliki nilai 90.66 atau sangat memuaskan. 2) Pada aspek evaluasi Learning, proses pelatihan berlangsung dengan baik sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya hal ini dapat dilihat dari nilai akhir semua peserta yang memiliki nilai di atas batas minimal. 3) pada aspek Behaviour, penyelenggara pelatihan belum melaksanakan pengamatan terhadap perilaku peserta pasca pelatihan. 4) Lalu pada aspek Result, penyelenggara pelatihan juga belum melaksanakan pengamatan terhadap kontribusi peserta maupun pemanfaatan pengetahuan peserta terhadap kinerja instansi. Kata Kunci: Evaluasi Program, Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka, Model Evaluasi Kirkpatrick This research was intended to see how the Kirkpatrick four level evaluation model is applied in the Library Material Processing training program organized by the Education and Training center of National Library of Indonesia. This evaluation research uses the Kirkpatrick evaluation model (Reaction, Learning, Behavior, Result). The subject of this research is training organizers, training instructors and training participants in the processing of library materials. Data collection techniques in this study used observation, documentation and interviews. Data validity test is done using triangulation of sources and methods. The results of this study show that the implementation of the Library Material Processing Training program has not gone well based on the aspect that being evaluated. 1) In the Reaction evaluation aspect, the implementation of training at this stage has run well. It can be seen from the results of the evaluator's last evaluation score which has a score of 93.88 or very satisfied and the last evaluation score of the instructor who has a score of 90.66 or very satisfied. 2) In the aspect of learning evaluation, the training process goes well according to the plan that was made before. This can be seen from the final score of all participants who have a score above the least limit. 3) in the Behavior aspect, the training organizers have not carried out observations of the participants' behavior after the training. 4) Then in the Result aspect, the training organizers also have not carried out observations on the participants' contributions or the use of participant's knowledge of the library performance. Keywords: Program Evaluation, Library Material Processing Training, Kirkpatrick Evaluation Model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Neti Karnati, M. Pd 2). Dr. Matin, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 6240 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:29
Last Modified: 11 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item