PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN TAMANSARI JAKARTA BARAT (Studi Eksperimen di Kelurahan Tamansari)

DINA BUNIA HILMI, . (2016) PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN TAMANSARI JAKARTA BARAT (Studi Eksperimen di Kelurahan Tamansari). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Skripsi Dina Bunia Hilmi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Jurnal Dina Bunia Hilmi.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas V di kelurahan Tamansari dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamansari 01 Pagi dan SDN Tamansari 03 Pagi Jakarta Barat sebanyak 56 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian kinerja dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=4.699 dan ttabel=1.703 pada dk=27 dan taraf signifikan 0.05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa media video dapat dijadikan sebagai salah satu upaya mengembangkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Nov 2019 16:03
Last Modified: 01 Nov 2019 16:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item