PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN CEMPAKA PUTIH, JAKARTA PUSAT (STUDI EXPOS-FACTO DI TK KELOMPOK B RA AL-MUBARAK, JAKARTA PUSAT)

LUTFITRA RAHMILLA RIZQIKA, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN CEMPAKA PUTIH, JAKARTA PUSAT (STUDI EXPOS-FACTO DI TK KELOMPOK B RA AL-MUBARAK, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian expost-facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra terhadap kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh TK/RA di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Al-Mubarak dan TK At-Taufiq, Jakarta Pusat sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik ramdom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan ceklist. Teknik Analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dengan model pembelajaran sentra dapat dijadikan sebagai upaya untuk melatih kemampuan empati anak. Hal ini terlihat pada hasil data yang diperoleh bahwa anak yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran sentra memiliki tingkat kemampuan empati yang baik denga signifikansi yang tinggi, yaitu 5,95. Oleh sebab itu guru perlu mengetahui cara yang tepat untuk mengembangkan sosial-emosional pada anak, khususnya pada anak usia dini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Sentra, Kemampuan Empati This expost-facto research aims to determine the effect of the center learning model on empathy ability of children aged 5-6 years. The population in this study were all Kindergarten in Cempaka Putih District, Central Jakarta. The sample in this study 30 student in Group B of RA Al-Mubarak and TK At-Taufiq, Central Jakarta. The data collection technique used checklist. The analysis technique in this study used t-test. The results showed that schools with a center learning model can be used as efforts to practice children's empathy abilities . This can be seen in the results of the data obtained that children who take part in learning using the center learning model have a good level of empathy abilities with high significance, which is 5.95. Therefore teachers need to know the right way to develop social-emotional development in children, especially in early childhood. Key Words : Center Learning Model, Empathy Ability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2. Lara Fridani, S.Psi., M.Pschy., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6322 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 11:58
Last Modified: 11 Sep 2020 11:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item