PERAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH MULTILINGUAL (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH TANGERANG SELATAN)

ATIKA SHEILA NABILLA, . (2020) PERAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH MULTILINGUAL (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai peran orangtua terhadap pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di sekolah multilingual. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Tangerang Selatan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Januari dan Februari tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penyebaran kuesioner. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian adalah 75 orangtua dari anak berusia 5-6 tahun (kelompok usia B) yang bersekolah di lembaga Multilingual wilayah Tangerang Selatan. Keseluruhan hasil dari peneltian ini menunjukan bahwa peran orangtua dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak berada dalam kategori “cukup baik” dan dibagi dalam tiga indikator. Indikator mengajarkan pembiasaan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 56% dengan kategori “baik”. Indikator memberikan sarana dan dukungan dalam mengembangkan keterampilan anak memperoleh skor 63% dengan kategori “cukup baik” dan indikator melibatkan dalam kegiatan berbahasa untuk mengembangkan keterampilan memperoleh skor 81% dengan kategori “cukup baik”. Kata Kunci : Keterampilan berbahasa, bahasa Indonesia, anak usia 5-6 tahun, multilingual This study aims to collect data on the role of parents in developing Indonesian language skills of children aged 5-6 years in multilingual schools. This research was held in South Tangerang. The research data collection was conducted in January and February 2020. The method used in this study is a survey method by distributing questionnaires. The sample used as respondents in the study were 75 parents of children aged 5-6 years (group B) who attended the Multilingual institution in the South Tangerang area. The overall results of this research indicate that the role of parents in developing children's language skills get the category "passable" and is divided into three indicators. The first Indicators is to teach habituation in developing children's skills to score 56% and came up with "good" in the category. Second indicators is to provide facilities and support in developing children's skills to score 63% with "passable" category and the last indicators is to involve in language activities to develop skills to score 81% with "passable" category. Keywords: Language skills, Indonesian, children aged 5-6 years, multilingual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si. 2). Hikmah, M.Pd., M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6357 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 12:04
Last Modified: 11 Sep 2020 12:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item