SAIDAH, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USI 5-6 TAHUN DI TK AL-KHAIRIYAH RAWAJATI BARAT I KELURAHAN RAWAJATI, KECAMATAN PANCORAN, JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5 – 6 tahun di TK AL-KHAIRIYAH Rawajati Barat I Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design dalam bentuk Teknik dua grup dengan pre-test dan post-test dan mengumpulkan data dengan instrumen observasi (ceklis). Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung 1 = 14,94; thitung 2 = 7,91; thitung 3 = 8,42 dan harga ttabel = 1,701 dengan dk = 28 pada taraf signifikan = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan flanel berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Media papan flanel dapat dijadikan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran membaca permulaan, sehingga anak dapat lebih memahami dengan cara yang konkrit dan menyenangkan. Kata Kunci : Media Papan Flanel, Kemampuan Membaca Permulaan. ABSTRACT This study aims to obtain data on the effect of flannel board media to the ability to read starting children 5-6 years old children’s studies on TK AL-KHAIRIYAH Rawajati West I Kelurahan Rawajati. The design of research is True Experimental Design and the form of design is Two Group with Pre-Test and Post-Test Design and the data collected with observation instrument (check list). The study analysis tested with normality technique. T-test used for the study hypotesis. Based on the t-test for the hypotesys study, thitung 1 = 14,94; thitung 2 = 7,91; thitung 3 = 8,42 and ttabel = 1,701 with dk = 28 at a significant level α = 0,05 with conclude H0 rejected and H1 accepted. This result of this study indicate of the flannel board had positive effect on the initial reading ability of children 5-6 years old. The Media of the flannel board can be used as an alternative learning start reading, so that the child can better understand in a concrete and fun way. Keywords: Flannel board Media, beginning reading ability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. DR. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd 2. Lara Fridani, S.Pd., M.Psych., Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 6273 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 13:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 13:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10782 |
Actions (login required)
View Item |