Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik di SMA Negeri 68 Jakarta dalam Memenuhi Tuntutan Keterampilan Guru Abad 21

RISKA NURHALIZA, . (2020) Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik di SMA Negeri 68 Jakarta dalam Memenuhi Tuntutan Keterampilan Guru Abad 21. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik dalam memenuhi keterampilan guru abad 21 di SMA Negeri 68 Jakarta. Sub fokus dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik, dan keterampilan guru abad 21. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 68 Jakarta. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan Guru. Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik yang ada dalam keterampilan guru abad 21 yaitu pertama, mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan dan pemikiran kreatif serta inovatif peserta didik ada pada aspek kompetensi pedagogik memfasilitasi aktualisasi potensi setiap peserta didik. Kedua, melibatkan peserta didik dalam menggali isu dunia nyata (real world) ada pada aspek kompetensi pedagogik guru menerapkan kegiatan pembelajaran yang mendidik. Ketiga, merancang atau mengadaptasi pengalaman belajar yang tepat dan mengintegrasikan tools dan sumber digital ada pada aspek kompetensi pedagogik menerapkan kegiatan pembelajaran yang mendidik. (2) Upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru yaitu dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas maupun sekolah, mengikuti MGMP, workshop, IHT, dan membaca buku; (3) Hambatan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik dalam keterampilan guru abad 21 yaitu guru-guru yang sudah tua cukup sulit dalam menghadapi era teknologi, waktu, kurangnya minat membaca guru, aspek psikologis guru, dan belum tersedianya ruang konsultasi. This study aims to describe the pedagogical competence of certified teacher educators in qualify the skills demands of 21st century teachers at SMA Negeri 68 Jakarta. The sub focus of this research is the pedagogical competence of certified teacher educators, and 21st century teacher skills. This research was carried out at SMA Negeri 68 Jakarta. The method used in conducting this research is a qualitative approach with descriptive methods. Data collection is carried out through interviews, observations, and documentation studies. Informants in this study include: Principal, Deputy Principal for Curriculum, and Teachers. Research shows that (1) Pedagogical competence of certified teacher educators that exists in 21st century teacher skills namely first, encouraging, supporting and modeling learners' creative and innovative inventions and thinking in the aspect of pedagogical competencies facilitating the actualization of the potential of each student. Second, involving students in exploring real world issues is in the aspect of pedagogical competence in applying educational learning activities. Third, designing or adapting appropriate learning experiences and integrating digital tools and resources is in the pedagogical aspects of competency in applying educational learning activities. (2) Efforts made by schools and teachers in developing teacher pedagogical competencies, namely by involving teachers in trainings conducted by the service and school, attending MGMP, workshops, IHT, and reading books; (3) Obstacles in developing pedagogical competencies of certified teacher educators in 21st century teacher skills, namely older teachers who are quite difficult in facing the technology era, time, teachers lack of interest in reading, psychological aspects of teachers, and the unavailability of consultation space.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Heru Santosa, M.Pd. ; 2). Dr. Supadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 6356 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 16:57
Last Modified: 15 Sep 2020 16:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10840

Actions (login required)

View Item View Item