PERAN ABANG NONE BUKU DALAM MEMPERKENALKAN LITERASI PADA ANAK (Studi Pada: Abang None Buku Jakarta Selatan)

Lina Aprilia, . (2020) PERAN ABANG NONE BUKU DALAM MEMPERKENALKAN LITERASI PADA ANAK (Studi Pada: Abang None Buku Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengetahui peran dari suatu organisasi Abang None Buku dalam memperkenalkan literasi kepada masyaraat luas khususnya anak-anak. Melalui kegiatan literasi tersebut, juga ditujukan untuk mencetak individu terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki daya pemikiran yang kritis serta cerdas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Konsep yang digunakan adalah konsep peran, organisasi (Abang None Buku Jakarta Selatan), serta literasi. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Jalan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak Januari 2020- Maret 2020. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 (sepuluh) orang yang terdiri dari 4 informan kunci yaitu Kartik Salokatama, Dandy Esfiansyah, Dilla Savira, Vira Tazkya dan beberapa informan pendukung dengan klasifikasi cara mendapatkan data secara langsung, yaitu Ibu Ramlah, Ibu Nurma, Ibu Siti Badriyah, Ibu Eti, Ibu Miftah, Ibu Enong, dan Ibu Rahayu. Hasil penelitian dari kegiatan literasi ini menunjukkan peran dari Abang None Buku dalam memperkenalkan literasi pada masyarakat luas khususnya anak-anak dapat dikatakan berhasil. Dalam melaksanakan peran tersebut, para Abang None Buku sebagai fasilititator berupaya mengemas kegiatan dengan semenarik mungkin, seperti kelas mendongeng, kelas mewarnai, dan kelas bedah film, serta donor buku. Melalui analisis struktural fungsional dengan penerapan imperatif AGIL, kegiatann tersebut terselenggara dengan baik. Kegiatan literasi ini menjadi langkah untuk lebih memperkenalkan kegiatan literasi yang menyenangkan untuk anak sehingga anak-anak dapat lebih dekat dengan literasi sejak dini. Hal ini juga yang dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh para pengurus RPTRA serta masyarakat sekitar dan orang tua mengingat anak sebagai generasi penerus bangsa. This study aims to better understand the role of an Abang None Buku organization in introducing literacy to the wider community, especially children. Through this literacy activity, it is also aimed at creating individuals, especially children, as the nation's next generation to have critical and intelligent thinking power. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study method. The concepts used are the concept of role, organization (Abang None Buku South Jakarta), and literacy. The location of this research was carried out at Jalan Cipete Utara, Kebayoran Baru, South Jakarta, the Special Capital Region (DKI) Jakarta. This research was conducted from January 2020 to March 2020. The informants in this study were 10 (ten) people consisting of 4 main sources, namely Kartik Salokatama, Dandy Esfiansyah, Dilla Savira, Vira Tazkya and several additional sources with a classification of how to get data directly, namely Mrs. Ramlah, Mrs. Siti Badriyah, Mrs. Eti, Mrs. Miftah, Mrs. Enong, and Mrs. Rahayu The results of this research from literacy activities indicate the role of Abang None Buku in introducing literacy to the wider community, especially children, can be said to be successful. In carrying out this role, the Abang None Books as facilitators try to package activities as interestingly as possible, such as storytelling classes, coloring classes, and film review classes, as well as book donors. Through functional structural analysis with the application of the imperative AGIL, these activities were well organized. This literacy activity is a step to introduce more fun literacy activities for children so that children can get closer to literacy from an early age. This can also be applied in a sustainable manner by the RPTRA administrators as well as the surrounding community and parents considering their children as the nation's next generation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M, M.Si ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami. S.KPm.,M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 5793 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 18:27
Last Modified: 15 Sep 2020 18:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item