SIKAP ORANG TUA TERHADAP PROGRAM BELAJAR DI RUMAH (HOME LEARNING) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SAAT PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Penelitian Survey di Wilayah Kecamatan Beji, Kota Depok)

BILQIS ATHA GITA, . (2020) SIKAP ORANG TUA TERHADAP PROGRAM BELAJAR DI RUMAH (HOME LEARNING) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SAAT PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) (Penelitian Survey di Wilayah Kecamatan Beji, Kota Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Indonesia bahkan dunia sedang dilanda wabah yang telah menjadi pandemi yaitu Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 menjadi hal yang serius karena berdampak dalam banyak aspek kehidupan. Salah satu dampak yang terlihat dan dirasakan ialah pada aspek pendidikan. Pendidikan harus tetap berlangsung, namun pemutusan rantai penularan Covid-19 harus tetap dilakukan. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh atau yang dikenal juga dengan sebutan belajar di rumah (home learning). Program kegiatan belajar di rumah (home learning) merupakan pertama kalinya dilaksanakan dalam waktu yang lama dan berlaku untuk seluruh jenjang pendidikan dari perguruan tinggi hingga pendidikan anak usia dini. Pada pelaksanaan program belajar di rumah (home learning) anak usia dini belum dapat melakukannya secara mandiri, perlu bantuan dari lingkungan terdekat anak. Dalam hal ini, orang tua berada pada lingkungan terdekat bagi anak. Orang tua diharapkan mampu untuk bersikap sebagaimana mestinya dalam merespon perilaku anak agar anak tetap mendapatkan pendidikan dan juga dapat mengembangkan keterampilan selama belajar di rumah (home learning). Dalam pelaksanaannya, orang tua memerlukan komponen-komponen pendukung yang saling berkaitan untuk dapat menentukan sikap yang tepat selama mendampingi anak belajar di rumah (home learning). Oleh karena itu, peran orang tua semakin dibutuhkan serta penting bagi orang tua memiliki sikap yang tepat agar anak tidak mengalami kebingungan akibat perubahan kegiatan harian anak selama pandemi dan dapat menjalankan program belajar di rumah (home learning) tanpa ada kendala yang berarti. Penelitian ini menggambarkan sikap orang tua terhadap program belajar di rumah (home learning) pada anak usia 5-6 tahun saat pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) di Kecamatan Beji, Kota Depok. Metode yang digunakan adalah pendekatan survei dan pengumpulan data dengan pengisian kuesioner atau angket online melalui google form oleh responden. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun dan tinggal di Kecamatan Beji tepatnya yang tinggal di Kelurahan Beji, Kelurahan Tanah Baru, Kelurahan Beji Timur, dan Kelurahan Kemiri Muka yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Dari hasil survei yang dilakukan secara keseluruhan didapatkan hasil keseluruhan dari responden berada dalam kategori “kurang baik”. Kata Kunci : sikap, orang tua, belajar di rumah (home learning), pandemi, covid-19   Currently Indonesia and even the world is being hit by an epidemic that has become a pandemic, namely Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). The pandemic caused by Covid-19 is serious because it has an impact on many aspects of life. One of the visible and felt impacts is on the education aspect. Education must continue, but breaking the Covid-19 transmission chain must still be done. The Indonesian government has issued a policy for the implementation of distance learning or also known as home learning. The home learning program is the first time it has been implemented in a long time and applies to all levels of education from tertiary institutions to early childhood education. In the implementation of home learning programs (home learning) early childhood can not do it independently, need help from the closest environment to the child. In this case, parents are in the closest environment to the child. Parents are expected to be able to behave properly in responding to children's behavior so that children continue to get education and can also develop skills while studying at home (home learning). In its implementation, parents need interrelated supporting components to be able to determine the right attitude for accompanying children to learn at home (home learning). Therefore, the role of parents is increasingly needed and it is important for parents to have the right attitude so that children do not experience confusion due to changes in children's daily activities during the pandemic and can run home learning programs without any significant obstacles. This study describes the attitudes of parents towards home learning programs for children aged 5-6 years during the 2019 corona virus disease (covid-19) pandemic in Beji District, Depok City. The method used is a survey approach and data collection by filling out a questionnaire or online questionnaire via google form by respondents. Respondents in this study were parents who have children aged 5-6 years and live in Beji Subdistrict, to be precise who live in Beji Village, Tanah Baru Village, Beji Timur Village, and Kemiri Muka Village which are used as research locations. From the results of the survey conducted as a whole, it was found that the overall results of the respondents were in the "unfavorable" category. Keywords : attitudes, parents, home learning, pandemic, covid-19

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Winda Gunarti, M.Pd. 2). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6418 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2020 11:39
Last Modified: 17 Sep 2020 11:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item