PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN MENOLONG DIRI SENDIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

SALMA ZAKIYYAH, . (2020) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN MENOLONG DIRI SENDIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain peran terhadap keterampilan menolong diri sendiri anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan pada TK Khalifa pondok kelapa dengan jumlah sampel 20 anak pada TK A.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik random sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah dengan menggunaan uji-t dengan waktu penelitian berlangsung selama 2 minggu. Hasil penelitian menujukan bahwa kegiatan bermain peran memberikan pengaruh positif dalam keterampilan menolong diri sendiri (self help skill) anak. Hal tersebut terlihat pada hasil data yang diperoleh bahwa pada saat menggunakan kegiatan bermain peran hasil post-test anak meningkat signifikan, yaitu 87,5% yang sebelumnya hasil pre-test berjumlah 31,69%. Oleh sebab itu kegiatan bermain peran bisa menjadi kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan khususnya keterampilan menolong diri sendiri (self help skil) pada anak. Berdasarkan hasil tersebut, kegiatan self help skill sangat berguna bagi anak untuk mengembangkan keterampilan menolong diri sehingga membuat anak menjadi mandiri. Adapun impilikasi dari penelitian ini untuk orang tua juga acuan para guru merancang kegiatan pembelajaran yang disesuaikan kebutuhan anak. Kata kunci : Kegiatan Bermain peran, Keterampilan menolong diri sendiri This experimental study aims to determine the effect of role playing activities on self-help skills of children aged 4-5 years. This study used an experimental method conducted at TK Khalifa pondok kelapa with a sample of 20 children at TK A. The sampling technique used in this study was using a random sampling technique. The analysis technique used is the use of t-test with a time of research lasting for 2 weeks. The results of the study aimed that role playing activities had a positive influence on children's self help skills. This can be seen in the results of the data obtained that when using the role playing activities the results of the post-test of the children increased significantly, namely 87.5%, which previously had a 31.69% pre-test results. Therefore role-playing activities can be learning activities to develop skills, especially self-help skills (self help skills) in children. Based on these results, self-help skill activities are very useful for children to develop self-help skills so as to make children become independent. The impilication of this research for parents is also a reference for teachers to design learning activities that are tailored to the needs of children. Key Words : Pretend play activity, Self help skill

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Sofia Hartati, M.Si ; Dra. Yenina Akmal, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6381 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 10:50
Last Modified: 29 Sep 2020 10:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item