NINDA AYU NURDIANA, . (2020) PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Studi pada Perilaku Belanja Trend Fashion 12 Mahasiswi Pilihan Akun Instagram Unj.Cantik). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif pada kalangan mahasiswi Universitas Negeri Jakarta dalam belanja trend fashion. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mahasiswi pada akun Instagram Unj.Cantik Universitas Negeri Jakarta dalam berbelanja trend fashion. Serta untuk mendeskripsikan perspektif teori masyarakat konsumerisme dari Jean Baudrillard dalam melihat fenomena perilaku belanja trend fashion pada kalangan mahasiswi dalam akun Unj.Cantik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah 12 mahasiswi dalam akun instagram Unj.Cantik. Lokasi penelitian berpusat di Universitas Negeri Jakarta Kampus A. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung dari bulan Januari 2020 hingga maret 2020. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas Negeri Jakarta termasuk dalam kategori tinggi yakni konsumsi negatif. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan intensitas belanja yang dilakukan oleh mahasiswi. Berdasarkan analisis teori masyarakat konsumsi dari Jean Baudrillard maka dapat disimpulkan bahwa konsumsi mahasiswi Universitas Negeri Jakarta terbagi menjadi tiga. Pertama, konsumsi sebagai simulasi yakni suatu ketertarikan mahasiswi pada suatu barang trendy yang dipakai oleh artis idola atau selebgram idolanya yang menyebabkan mahasiswi ingin mengonsumsi barang trendy tersebut. Kedua, konsumsi sebagai pembeda kelas sosial dapat terlihat dari adanya kegiatan belanja barang branded yang dilakukan oleh mahasiswi dari kalangan Unj.Cantik ini berbeda dengan mahasiswi biasanya. Pada kalangan Unj.Cantik ini para mahasiswi berbelanja atas dasar tidak ingin terlihat tertinggal fashion-nya serta mementingkan prestise sosial dengan kalangan yang bukan berasal dari Unj.Cantik. Ketiga, konsumsi sebagai simbol dan tanda merupakan suatu konsumsi yang dilakukan dengan mementingkan brand yang ada pada suatu barang. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswi Unj.Cantik yang berbelanja atas dasar brand yang mahal dan mewah serta tidak mementingkan suatu komoditas pada barang tersebut. This study was designed to describe the consumptive policies of research at Jakarta State University in fashion trends. In addition, this study also found out the reasons for Instagram accounts at Unj.Cantik Jakarta State University in the trend of purchasing goods with famous brands. How to describe the perspective of community theory from Jean Baudrillard in seeing the phenomenon of fashion shopping trends among plantations in the Unj.Cantik account of Jakarta State University. This study uses a qualitative case study method. The research subject is 12 student at Unj.Cantik Instagram account. Location of research centered at Jakarta State University Campus A. Data collection techniques using primary and secondary data. This research was conducted for 3 months from January 2020 to 2020. The results of this study found facts about consultation at Jakarta State University included in the high category which is negative consume. This can be seen on this page. Shopping done by female students. Based on the analysis of consumption theory theory from Jean Baudrillard, it can be concluded that the consumption of Jakarta State University is divided into three. First of all, use as an example of interest in a trendy item used by an idol artist or his idol celebrity that causes farmers to want to consume the trendy item. Secondly, consumption as a differentiator of social class can be seen from the presence of branded goods shopping activities carried out by farmers from the Unj. These beauties are different from ordinary farmers. In this Unj.Cantik class the ship ministers on the basis of not wanting to see its fashion and attach importance to social prestige with a class that is not obtained from Unj.Cantik. Third, consumption as a symbol and sign is a consumption that is carried out with the importance of the existing brand on an item. As conducted by Unj.Cantik who buys on the basis of expensive and luxury brands and does not prioritize a commodity on the goods.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si ; 2). Marista Christina Shally Kablen, S.Fil., M.Hum |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 5730 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 17:04 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 07:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10937 |
Actions (login required)
View Item |