PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS SITUS JEJARING SOSIAL

JAMRI DAFRIZAL, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS SITUS JEJARING SOSIAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif berbasis sosial media yang memadukan kekuatan-kekuatan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online serta model pembelajaran kolaboratif. Penelitian dan pengembangan yang menggunakan pendekatan metode campuran ini menggunakan model instruksional ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian dilaksanakan pada program Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Data-data hasil penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan survey. Melibatkan lima pakar, satu dosen, tiga mahasiswa pada uji satu-satu dengan peserta didik, sembilan mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, dan 30 mahasiswa pada ujicoba kelompok besar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berbasis situs jejaring sosial hasil penelitian dan pengembangan secara signifikan meningkatkan perhatian, relevansi, kepercayaan diri dan kepuasan mahasiswa serta efektif meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap lintas budaya. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa produk pembelajaran harus diakses secara mudah, menarik, dapat memotivasi peserta didik untuk terus terlibat dalam pembelajaran. Dengan demikian, penelitian merekomendasikan model SMOCL sebagai model pembelajaran untuk mata kuliah Cross-Cultural Understanding pada program Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten ***************** The purpose of this study is to develop a social media-based collaborative learning model that combines the strengths of face-to-face learning and online learning and collaborative learning models. Research and development that uses a mixed methods approach uses the ADDIE instructional model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research was conducted at the English Tadris program at the Sultan Maulana Hasanuddin State Islamic University, Banten. Research data obtained through interviews, observations, and surveys. Involving five experts, one lecturer, three students on a one-on-one test with students, nine students on a small group trial, and 30 students on a large group trial. The results of this study conclude that the collaborative learning model based on social networking site research and development results significantly increases student attention, relevance, confidence and satisfaction as well as effectively increasing student understanding of cross-culture. The implication of this research is that learning products must be accessed easily, interestingly, can motivate students to continue to be involved in learning. Thus, the study recommends the SMOCL model as a learning model for the Cross-Cultural Understanding course in the English Tadris program at the Sultan Maulana Hasanuddin Banten Islamic State University

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 5872 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2020 14:15
Last Modified: 18 Sep 2020 14:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item