HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMKN 28 JAKARTA

IDEAL IZANI, . (2012) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMKN 28 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I - V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
kelengkapan skripsi....pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) mengenai hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa pada SMK Negeri 28 Jakarta Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan terhitung mulai bulan Oktober 2011 sampai dengan Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pada siswa SMKN 28 Jakarta. Sebanyak 86 siswa Dengan sampel penelitian sebanyak 72. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk menjaring data variabel X ( Lingkungan Keluarga) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa), diperoleh dari pengisian instrumen penelitian dengan bentuk skala likert, uji coba dilakukan untuk mengetahui validasi dan reabilisasi, uji validasi dilakukan dengan perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil realibilitas variabel X (lingkungan keluarga) adalah 0,857 instrumen variabel Y ( Motivasi belajar ) sebesar 0,893 Persamaan regresi yang didapat adalah ˆ Y= 70,29 + 0,438X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,099 dan Ltabel untuk n = 72 , pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,104. Karena Lhitung < Ltabel, maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (32,10) > Ftabel (3,98) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,77) < Ftabel (1,80) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,561. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5,67) > ttabel (1,67). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa. Dari koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 31,44% variabel motivasi belajar siswa (Y) ditentukan oleh lingkungan keluarga (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Corry Yohana, M.M 2.) Dra. Umi Mardiyati M.si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:21
Last Modified: 05 Nov 2019 09:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item