KESESUAIAN BUKU TEKS “MARKET LEADER THIRD EDITION”: SEBAGAI BUKU AJAR BUSINESS ENGLISH TINGKAT ELEMENTARY (Penelitian Evaluasi di Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia)

PANGULU SUDARTA SAAT, . (2020) KESESUAIAN BUKU TEKS “MARKET LEADER THIRD EDITION”: SEBAGAI BUKU AJAR BUSINESS ENGLISH TINGKAT ELEMENTARY (Penelitian Evaluasi di Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_COVER_7316157262 - WM - nolinkss.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB 1_7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB 2_7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB 3_7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB 4_7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 5_7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
9_LAMPIRAN_7316157262 - PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA - 7316157262 - WM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dalam penyelenggaraan sebuah pelatihan, buku ajar merupakan komponen terpenting ke dua setelah instruktur bahasa. Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia telah menggunakan buku ajar Pearson’s Market Leader Business English Coursebook Third Edition selama bertahun-tahun, dan sepintas berterima baik oleh para peserta program pelatihan Business English maupun para instrukturnya. Dalam tesis ini, penggunaan buku ajar tersebut dievaluasi untuk mengungkapkan kesesuaian aspek-aspek yang menjadi muatan buku ajar tersebut sehingga terus-menerus digunakan sebagai buku ajar utama. Model evaluasi yang digunakan dalam karya ilimah ini adalah model evaluasi dari Cunningsworth dan model evaluasi dari Littlejohn, yang dikombinasikan menjadi satu model evaluasi yang baru oleh Guo dari University of Sheffield. Metode evaluasi yang dipilih untuk diimplementasikan pada model tersebut adalah metode Analisis Konten Deductive Approach dari Philipp Mayring. Yang menjadi fokus pembahasan dalam tesis ini adalah pada kesesuaian buku ajar Business English untuk peserta dengan kemampuan berbahasa Inggris tingkat dasar atau tingkat elementary. Kata kunci: coursebook evaluation, Business English, Cunningsworth Evaluation model, Littlejohn Evaluation model, Guo New Approach on Textbook Suitability Evaluation, Philipp Mayring Content Analysis Deductive Approach method. ************* ABSTRACT After language instructors, coursebooks have been the second vital component to a language training course. Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia has been using Pearson’s Market Leader Business English Coursebook Third Edition as their prime coursebook in their Business English training courses, which is an early indication that this book is has been well accepted by the learners and the instructors as well. This thesis attempts to evaluate the coursebook to reveal its appropriateness which hopefully explains why the institution has found the book appealing for several consecutive years. The model selected is a model proposed by Guo from combining Cunningsworth’s evaluation model and Littlejohn’s evaluation model. The method chosen is Philipp Mayring’s Content Analysis Deductive Approach. The focus of discussion is the appropriateness of the coursebook to facilitate learning for learners having elementary level competence in English. Keywords: coursebook evaluation, , appropriateness of textbooks for teaching, Business English, Cuningsworth-Litteljohn evaluation model, Philipp Mayring Content Analysis Deductive approach method.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 6394 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2020 12:03
Last Modified: 23 Sep 2020 12:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item