PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGA BALOK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI NAPZA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 31 JAKARTA

ZHI ZHI OKTAVIANI DELA PUTRI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGA BALOK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI NAPZA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan media permainan jenga balok dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengetahuan mengenai NAPZA peserta didik kelas X di SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta dengan menggunakan teknik convenience sampling . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 31 Jakarta yang berjumlah 139 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada guru BK dan angket yang disebar kepada peserta didik. Hasil uji ahli media mendapat persentase sebesar 83,80% (Sangat layak) dan ahli materi sebesar 79,04% (Layak). Hasil uji coba kelompok kecil mendapat 88% (Sangat layak) pada penilaian media dan pada ketercapaian standar kompetensi mendapat 83,33%. Sehingga, media permainan jenga balok mengenai NAPZA dapat dinyatakan “Sangat Layak” menurut guru BK dan 8 orang peserta didik. Hasil dari uji beda menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai ketercapaian instruksional pada pre-test dan post test. Kata kunci : Jenga Balok, NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat adikitif), Bimbingan Kelompok, Model ADDIE ************************ ABSTRACT This study aims to produce a media jenga in Group Counseling to increase knowledge about NAPZA for 1st-grade at 31 Jakarta State High School. Research and Development (RnD) using the ADDIE model (Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at 31 Jakarta State High School, using convenience sampling technique. The subjects in this study were 139 first grade students of 31 Jakarta State High School. Data collection tools used in this study were interview technique for school counselors and questionnaires distributed to students. The results of the media expert test score reached 83,80% (Satisfactory) and form material experts reached 79,04% (Decent) . The result from small group trials score reached 88% (Satisfactory) in the media assessment, and the achievement indicator of success reached 83,33%. Thus, this jenga about NAPZA can be categorized as “Satisfactory” according to the BK teacher and 8 students. The results of the different tests produce the Sig. (2-tailed) <0.05 = 0.000 <0.05, so there is a significant difference between the instructional achievement value in the pre-test and post test. Keywords :Jenga, NAPZA, Group Guidance, ADDIE Model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 5673 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2020 12:26
Last Modified: 18 Sep 2020 12:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item