HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 48 JAKARTA

IRMA YULIANTI, . (2012) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IRMA YULIANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 48 Jakarta selama 2 bulan terhitung bulan November 2011 s.d. Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa pada SMK Negeri 48. Populasi terjangkaunya yaitu siswa kelas X yang berjumlah 64 siswa. Sampel diambil dari tingkat kesalahan 5% berdasarkan tabel Isaac dan Michael dari populasinya sebanyak 55 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional. Data percaya diri (Variabel X) menggunakan data primer berupa kuesioner dan untuk Prestasi Belajar (Variabel Y) menggunakan data sekunder berupa nilai rata-rata raport semester ganjil siswa. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah = 64,87 + 0,119X. Selanjutnya adalah uji normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Lhitung (0,088) < Ltabel (0,119). Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (14,66) > Ftabel (4,03) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,79) < Ftabel (2,15) sehingga disimpulkan persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy = 0,465. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh adalah thitung (3,83) > ttabel (1,68). Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0,2167 ini menunjukkan bahwa 21,67% prestasi belajar siswa ditentukan oleh kepercayaan diri. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Kepercayaan diri merupakan faktor belajar yang perlu diperhatikan dan dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2.) Ati Sumiati, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:54
Last Modified: 05 Nov 2019 09:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item