PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA(Studi Kuantitatif Di SMPN 1 Tambun Selatan)

Lindri Dearityandani, . (2016) PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA(Studi Kuantitatif Di SMPN 1 Tambun Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK BHS. INDONESIA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (474kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
KATA PENGATAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tambun Selatan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMPN 1 Tambun Selatan dengansampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk pemahaman nilai-nilai pancasila, dan angket untuksikap sosial. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada kelompok pemahaman nilai-nilai Pancasila tinggi didapatkan Lhitung= 0,107<Ltabel = 0,137 sedangkan pada kelompok pemahaman nilai-nilai Pancasila rendah didapatkan Lhitung= 0,110<Ltabel = 0,144hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Begitu pula dengan uji homogenitas dengan menggunakan Uji F didapatkan Fhitung= 1,02<Ftabel= 1,69sehingga dapat dikatakan data populasi memiliki varians yang relatifsama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Uji-t diperoleh thitung= 3,423 dan ttabelpada taraf signifikan α = 0,05 dengan df (n-2)= 78 adalah1,664. dari hasil perhitungan tersebut diperoleh hasil 3,423 > 1,664. Dengan demikian maka Ho ditolak danH1diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tambun Selatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd ; 2). Dr. Sarkadi, M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 12:57
Last Modified: 21 Sep 2020 12:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item View Item