Lindri Dearityandani, . (2016) PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA(Studi Kuantitatif Di SMPN 1 Tambun Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK BHS. INDONESIA.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (474kB) |
|
Text
JUDUL.pdf Download (105kB) |
|
Text
KATA PENGATAR.pdf Download (196kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (495kB) |
|
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (585kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Tambun Selatan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMPN 1 Tambun Selatan dengansampel sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk pemahaman nilai-nilai pancasila, dan angket untuksikap sosial. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan pada kelompok pemahaman nilai-nilai Pancasila tinggi didapatkan Lhitung= 0,107<Ltabel = 0,137 sedangkan pada kelompok pemahaman nilai-nilai Pancasila rendah didapatkan Lhitung= 0,110<Ltabel = 0,144hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Begitu pula dengan uji homogenitas dengan menggunakan Uji F didapatkan Fhitung= 1,02<Ftabel= 1,69sehingga dapat dikatakan data populasi memiliki varians yang relatifsama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Uji-t diperoleh thitung= 3,423 dan ttabelpada taraf signifikan α = 0,05 dengan df (n-2)= 78 adalah1,664. dari hasil perhitungan tersebut diperoleh hasil 3,423 > 1,664. Dengan demikian maka Ho ditolak danH1diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn terhadap sikap sosial siswa di SMPN 1 Tambun Selatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd ; 2). Dr. Sarkadi, M.Si |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 12:57 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 12:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11071 |
Actions (login required)
View Item |