UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS SEBAGAI PENDIDIK(Studi TentangGuru Di SMA Negeri 23 Jakarta Barat)

Lisa Fauziah Putri, . (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS SEBAGAI PENDIDIK(Studi TentangGuru Di SMA Negeri 23 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER FIX.pdf

Download (95kB)
[img] Text
2 ABSTRAK, KATA PENGANTAR, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4 REVISI BAB 1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahuiupayayang dilakukan oleh para guru di SMA Negeri 23 Jakarta dalam meningkatkan profesionalitas sebagai pendidikdengan menggunakanperspektif teori motivasiberprestasi McClelland.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancaramendalam dan dokumentasi.Peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan untuk mengetahui lebih dalam mengenai upaya yang dilakukan oleh para guru SMA Negeri 23 Jakarta dalam meningkatkan profesionalitas sebagai pendidik. Dalam penelitian ini terdapat 8 informan yang terdiri dari 4 guru PNS dan 4 guru Non PNS. Peneliti juga melakukan triangulasi data kepada kepala SMA Negeri 23 Jakarta, Pengawas SMA Negeri 23 Jakarta, Guru SMA Negeri 23 Jakarta lain dan Siswa.Berdasarkan hasil temuan penelitian,upaya-upaya yang dilakukan oleh para guru PNS dan guru Non PNS di SMA Negeri 23 Jakartamenunjukan para guru memiliki motivasi yang baikdalam meningkatkan profesionalitassebagai pendidik. Hal tersebut ditunjukkan dengan semangat para guru untuk mengikuti kegiatanyang mampu meningkatkan profesionalitas mereka sebagai pendidik. Pola kegiatan yang dilakukanyaitu mengikuti kegiatan formal dan kegiatan yang bersifat inisiatif pribadi. Kegiatan formal antara lain sertifikasi PLPG,mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran),mengikuti diklatdan mengikuti penataran. Kegiatan yang berdasarkan inisiatif pribadi antara lain melanjutkan studi, menghadiri seminar, membaca buku dan mencari data melalui internet. Selain ituhasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengawas juga berupaya dalam meningkatkan profesionalitas guru SMA Negeri 23 Jakarta yakni dengan bersikap kolaboratif terhadap guru, memotivasi guru dan mengidentifikasi masalah apa yang terjadi di sekolah dan membenahi masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eman Surachman, MM. ; 2). Ubedillah Badrun, M.S
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Sep 2020 17:39
Last Modified: 21 Sep 2020 17:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item